Optimalisasi Peran Guru Dalam Internalisasi Nilai-Nilai Pancasila Untuk Membentuk Karakter Disiplin dan Tanggung Jawab Siswa SMP Negeri 3 Kubutambahan Pada Era Digital

Astuti, Ni Ketut Alit Yudi (2025) Optimalisasi Peran Guru Dalam Internalisasi Nilai-Nilai Pancasila Untuk Membentuk Karakter Disiplin dan Tanggung Jawab Siswa SMP Negeri 3 Kubutambahan Pada Era Digital. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2114041025-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
2114041025-ABSTRAK.pdf

Download (139kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2114041025-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (161kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2114041025-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (238kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2114041025-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (127kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2114041025 -BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (327kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2114041025-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (45kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2114041025-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (31kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2114041025-LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguraikan upaya maksimal dalam memaksimalkan fungsi pendidik sebagai fasilitator pembelajaran di tengah perkembangan era digital. Selain itu, kajian ini juga mengeksplorasi berbagai kendala yang dihadapi serta mengidentifikasi aspek-aspek penting dalam menginternalisasi nilai-nilai Pancasila pada masa digitalisasi. Pendekatan yang digunakan bersifat deskriptif kualitatif, dengan teknik pengumpulan informasi melalui wawancara, observasi langsung, dokumentasi, serta studi literatur. Analisis data dilakukan secara kualitatif dengan merujuk pada model Miles dan Huberman yang meliputi tahapan pengumpulan informasi, penyaringan data, penyajian hasil, hingga penarikan kesimpulan. Temuan menunjukkan bahwa pendidik memiliki peran krusial dalam mengintegrasikan nilai-nilai Pancasila ke dalam proses belajar- mengajar melalui keteladanan serta pembentukan kebiasaan positif seperti kedisiplinan dan rasa tanggung jawab. Nilai-nilai tersebut juga ditanamkan melalui aktivitas ekstrakurikuler yang melibatkan partisipasi aktif para pelajar. Studi ini menyimpulkan bahwa pendekatan menyeluruh dan terpadu dalam membangun karakter mampu menciptakan generasi yang memiliki kesadaran tinggi terhadap nilai-nilai dasar bangsa. Meski demikian, implementasinya masih dihadapkan pada berbagai tantangan, baik dari dalam lingkungan pendidikan maupun dari luar, yang dirasakan oleh guru dan murid. Oleh karena itu, diperlukan evaluasi berkelanjutan guna meningkatkan efektivitas penerapannya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Peran Guru, Disiplin, Tanggung Jawab, Nilai – Nilai Pancasila
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Hukum dan Ilmu Sosial > Jurusan Hukum dan Kewarganegaraan > Program Studi Pendidikan Kewarganegaraan (S1)
Depositing User: Ni Ketut Alit Yudi Astuti
Date Deposited: 18 May 2025 12:45
Last Modified: 18 May 2025 12:45
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/24131

Actions (login required)

View Item View Item