Astuti, Ni Ketut Alit Yudi (2025) Optimalisasi Peran Guru Dalam Internalisasi Nilai-Nilai Pancasila Untuk Membentuk Karakter Disiplin dan Tanggung Jawab Siswa SMP Negeri 3 Kubutambahan Pada Era Digital. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
![]() |
Text (COVER)
2114041025-COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
2114041025-ABSTRAK.pdf Download (139kB) |
![]() |
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2114041025-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (161kB) |
![]() |
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2114041025-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (238kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2114041025-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (127kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2114041025 -BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (327kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5 PENUTUP)
2114041025-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (45kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2114041025-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (31kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
2114041025-LAMPIRAN.pdf Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguraikan upaya maksimal dalam memaksimalkan fungsi pendidik sebagai fasilitator pembelajaran di tengah perkembangan era digital. Selain itu, kajian ini juga mengeksplorasi berbagai kendala yang dihadapi serta mengidentifikasi aspek-aspek penting dalam menginternalisasi nilai-nilai Pancasila pada masa digitalisasi. Pendekatan yang digunakan bersifat deskriptif kualitatif, dengan teknik pengumpulan informasi melalui wawancara, observasi langsung, dokumentasi, serta studi literatur. Analisis data dilakukan secara kualitatif dengan merujuk pada model Miles dan Huberman yang meliputi tahapan pengumpulan informasi, penyaringan data, penyajian hasil, hingga penarikan kesimpulan. Temuan menunjukkan bahwa pendidik memiliki peran krusial dalam mengintegrasikan nilai-nilai Pancasila ke dalam proses belajar- mengajar melalui keteladanan serta pembentukan kebiasaan positif seperti kedisiplinan dan rasa tanggung jawab. Nilai-nilai tersebut juga ditanamkan melalui aktivitas ekstrakurikuler yang melibatkan partisipasi aktif para pelajar. Studi ini menyimpulkan bahwa pendekatan menyeluruh dan terpadu dalam membangun karakter mampu menciptakan generasi yang memiliki kesadaran tinggi terhadap nilai-nilai dasar bangsa. Meski demikian, implementasinya masih dihadapkan pada berbagai tantangan, baik dari dalam lingkungan pendidikan maupun dari luar, yang dirasakan oleh guru dan murid. Oleh karena itu, diperlukan evaluasi berkelanjutan guna meningkatkan efektivitas penerapannya.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Peran Guru, Disiplin, Tanggung Jawab, Nilai – Nilai Pancasila |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Hukum dan Ilmu Sosial > Jurusan Hukum dan Kewarganegaraan > Program Studi Pendidikan Kewarganegaraan (S1) |
Depositing User: | Ni Ketut Alit Yudi Astuti |
Date Deposited: | 18 May 2025 12:45 |
Last Modified: | 18 May 2025 12:45 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/24131 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |