PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TRI KAYA PARISUDHA BERBANTUAN METODE MIND MAPPING PADA PEMBELAJARAN IPA KELAS IV MATERI GAYA DI SEKITAR KITA TERHADAP LITERASI SAINS DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA

Devi, Ni Komang Sri Devi Mertawi Putri (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TRI KAYA PARISUDHA BERBANTUAN METODE MIND MAPPING PADA PEMBELAJARAN IPA KELAS IV MATERI GAYA DI SEKITAR KITA TERHADAP LITERASI SAINS DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA.

[img] Text (COVER)
2111031220-COVER.pdf

Download (949kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2111031220-ABSTRAK.pdf

Download (98kB)
[img] Text (BAB I PENDAHULUAN)
2111031220-BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (238kB)
[img] Text (BAB II KAJIAN TEORI)
2111031220-BAB II KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (397kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III METODOLOGI PENELITIAN)
2111031220-BAB III METODOLOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (567kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN)
2111031220-BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (388kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V PENUTUP)
2111031220-BAB V PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (226kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2111031220-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (334kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2111031220-LAMPIRAN.pdf

Download (5MB)

Abstract

Pendidikan abad 21 menghadapi tantangan untuk meningkatkan literasi sains siswa dan kemampuan berpikir kreatif. Untuk mengatasi masalah ini dan memudahkan pengembangan kedua komponen tersebut, model pembelajaran yang inovatif sangat diperlukan.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pengaruh model pembelajaran Tri Kaya Parisudha berbantuan metode mind mapping terhadap literasi sains. (2) pengaruh model pembelajaran Tri Kaya Parisudha berbantuan metode mind mapping terhadap kemampuan berpikir kreatif, dan (3) pengaruh model pembelajaran Tri Kaya Parisudha berbantuan metode mind mapping terhadap literasi sains dan kemampuan berpikir kreatif. Penelitian ini merupakan penelitian quasi experiment dengan desain pretest posttest kontrol grup. Jumlah populasi dalam penelitian ini adalah 52 siswa. Adapun kelas yang dijadikan sampel dalam penelitian ini yaitu kelas IVA sebagai kelas eksperimen dan kelas IVB sebagai kelas kontrol. Data literasi sains dan kemampuan berpikir kreatif siswa dikumpulkan menggunakan tes esai. Data dianalisis dengan statistik deskriptif dan inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh model pembelajaran Tri Kaya Parisudha berbantuan metode mind mapping terhadap literasi sains, (2) terdapat pengaruh model pembelajaran Tri Kaya Parisudha berbantuan metode mind mapping terhadap kemampuan berpikir kreatif, dan (3) secara simultan, terdapat pengaruh model pembelajaran Tri Kaya Parisudha berbantuan metode mind mapping terhadap literasi sains dan kemampuan berpikir kreatif. Berdasarkan temuan tersebut, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Tri Kaya Parisudha berbantuan metode mind mapping berpengaruh positif terhadap literasi sains dan kemampuan berpikir kreatif.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Tri Kaya Parisudha, Mind mapping, Literasi sains, Berpikir kreatif.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Ni Komang Sri Devi Mertawi Putri
Date Deposited: 19 May 2025 06:40
Last Modified: 19 May 2025 06:40
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/24138

Actions (login required)

View Item View Item