PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS ETNOSAINS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI GAYA MATA PELAJARAN IPAS KELAS IV SEKOLAH DASAR

Adi Sawitri, Putu Ayu (2025) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS ETNOSAINS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI GAYA MATA PELAJARAN IPAS KELAS IV SEKOLAH DASAR. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2111031117-COVER.pdf

Download (980kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2111031117-ABSTRAK.pdf

Download (296kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2111031117-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (307kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2111031117-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (574kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2111031117-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (609kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN)
2111031117-BAB 4 HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2111031117-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (256kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2111031117-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (284kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2111031117-LAMPIRAN.pdf

Download (12MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan multimedia interaktif berbsis etnosains untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi gaya mata pelajaran IPAS kelas IV sekolah dasar yang valid, praktis dan efektif. Penelitian yang dilakukan adalah penelitian pengembangan (Research & Development) dan menggunakan model pengembangan ADDIE. Metode dari pengumpulan data menggunakan instrument kuisioner dan tes objektif. Data dari validitas media bersumber dari ahli media pembelajaran dan ahli materi IPAS SD. Data dari kepraktisan media bersumber pada praktisi (guru dan peserta didik) kelas IV SD. Pengujian untuk mengukur efektivitas produk dilakukan dengan menggunakan desain one group pretest posttest pada jumlah sampel sebanyak 28 orang peserta didik kelas IV SD. Hasil dari data dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif. Hasil dari pengembangan multimedia interaktif berbasis etnosains untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas IV sekolah dasar, dinyatakan (1) valid ditinjau pada aspek isi, desain, dan media multimedia interaktif berbasis Etnosains; (2) praktis ditinjau dari perspektif praktisi guru dan peserta didik dengan sampel 2 orang guru dan 10 orang peserta didik; (3) efektif untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi gaya mata pelajaran IPAS kelas IV sekolah dasar. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa multimedia interaktif berbasis etnosais untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi gaya mata pelajaran IPAS kelas IV sekolah dasar yang telah dikembangkan, dinyatakan valid, praktis, dan efektif dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi gaya mata pelajaran IPAS, sehingga layak digunakan secara berkelanjutan pada kegiatan pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, Multimedia Interaktif, Etnosains, Hasil belajar, Gaya, IPAS
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
P Language and Literature > PN Literature (General)
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Putu Ayu Adi Sawitri
Date Deposited: 19 May 2025 01:16
Last Modified: 19 May 2025 01:16
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/24156

Actions (login required)

View Item View Item