PENGEMBANGAN E-LKPD BERBASIS TEORI APOS UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI STRATEGI SISWA KELAS IV SD N 3 PETAK PADA MATERI PECAHAN TAHUN AJARAN 2024/2025

Ganitri, Ni Komang Jinggan Sri (2025) PENGEMBANGAN E-LKPD BERBASIS TEORI APOS UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI STRATEGI SISWA KELAS IV SD N 3 PETAK PADA MATERI PECAHAN TAHUN AJARAN 2024/2025. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA.

[img] Text (COVER)
2111031369-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
2111031369-ABSTRAK.pdf

Download (30kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2111031369-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (387kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2111031369-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (679kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2111031369-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (678kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2111031369-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2111031369-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (248kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2111031369-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (470kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2111031369-LAMPIRAN.pdf

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan (1) mendeskripsikan rancang bangun media E-LKPD Berbasis Teori Apos untuk meningkatkan Kompetensi Strategi Siswa Kelas IV SD N 3 Petak Pada Materi Pecahan Tahun Ajaran 2024/2025, (2) mengetahui kelayakan media E-LKPD Berbasis Teori Apos untuk meningkatkan Kompetensi Strategi Siswa Kelas IV SD N 3 Petak Pada Materi Pecahan Tahun Ajaran 2024/2025, (3) mengetahui efektivitas media E-LKPD Berbasis Teori Apos untuk meningkatkan kompetensi strategi siswa. Penelitian pengembangan ini menggunakan model pengembangan ADDIE (Analyze, Design, Develop, Implement, Evaluate). Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, angket dan tes. Analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis kuantitatif, deskriptif dan statistik inferensial. Hasil penelitian ini berupa (1) media E-LKPD Berbasis Teori Apos untuk meningkatkan kompetensi strategi siswa pada materi pecahan. (2) kelayakan media E-LKPD Berbasis Teori Apos memperoleh penilaian ahli materi sebesar 95,8% dengan kategori sangat baik, ahli desain pembelajaran sebesar 82,5% dengan kategori baik, ahli media pembelajaran sebesar 92,3% dengan kategori sangat baik, uji coba perorangan sebesar 93,3% dan uji coba kelompok kecil sebesar 91,6% dengan kategori sangat baik. (3) Efektivitas media E-LKPD Berbasis Teori Apos melalui hasil uji-t diperoleh thitung = 11,406 untuk db = 13 dan taraf signifikansi 5% = 2,160. Hal ini berarti thitung > ttabel, sehingga H0 ditolak dan H1 diterima yang berarti bahwa terdapat perbedaan kemampuan kompetensi strategis siswa sebelum dan sesudah penggunaan produk pengembangan media E-LKPD berbasis teori Apos. Dengan demikian hasil penelitian ini menunjukkan bahwa produk media E-LKPD Berbasis Teori Apos untuk meningkatkan kompetensi strategi siswa efektif untuk digunakan pada materi pecahan kelas IV SD Negeri 3 Petak.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Pengembangan, E-LKPD, Teori APOS, kompetensi strategi, pecahan
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Ni Komang Jinggan Sri Ganitri
Date Deposited: 19 May 2025 06:44
Last Modified: 19 May 2025 06:44
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/24158

Actions (login required)

View Item View Item