Fitryadiningrum, G. A. Deby (2025) PENGARUH METODE GUIDED WRITING BERBANTUAN KARTU BERGAMBAR TERHADAP AUTONOMOUS LEARNING KETERAMPILAN MENULIS TEKS DESKRIPSI PADA SISWA KELAS III SD DI GUGUS VI GIANYAR TAHUN AJARAN 2024/2025. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA.
![]() |
Text (COVER)
2111031463-COVER.pdf Download (918kB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
2111031463-ABSTRAK.pdf Download (208kB) |
![]() |
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2111031463-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (345kB) |
![]() |
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2111031463-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (358kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2111031463-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (950kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2111031463- BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (637kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5 PENUTUP)
2111031463-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (491kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2111031463-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (435kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
2111031463-LAMPIRAN.pdf Download (4MB) |
Abstract
Autonomous learning adalah salah satu sikap penting yang harus dimiliki oleh seorang siswa agar tidak selalu bergantung terhadap orang lain atau guru. Sikap tersebut diperlukan oleh siswa agar dapat disiplin terhadap dirinya dan memiliki rasa tanggung jawab dalam konteks belajar khususnya dalam menulis teks deskripsi. Menulis teks deskripsi bertujuan untuk menggambarkan suatu objek atau peristiwa dalam bentuk tulisan. Rendahnya autonomous learning keterampilan menulis teks deskripsi siswa disekolah dasar disebabkan oleh beberapa hal, salah satunya yaitu kurangnya penerapan metode pembelajaran yang efektif didalam proses pembelajaran. Melihat dari hal tersebut, dilakukan penelitian yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode guided writing berbantuan kartu bergambar terhadap autonomous learning keterampilan menulis teks deskripsi. Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian quasi ecperimental menggunakan rancang non-equivalent control grup. Populasi penelitian mencangkup seluruh siswa kelas III SD di Gugus VI Gianyar tahun ajaran 2024/2025 dengan total 117 siswa yang tersebar di lima kelas. Sampel dipilih melalui Teknik cluster random sampling, menghasilkan 49 siswa yang terdiri dari 25 siswa kelas III di SD Negeri 3 Tulikup sebagai kelompok eksperimen dan 24 siswa kelas III di SD Negeri 5 Tulikup sebagai kelas kontrol. Data penelitian berfokus pada autonomous learning keterampilan menulis teks deskripsi yang diukur menggunakan metode non-tes berupa kuisioner, kemudian dianalisis mealui uji statistika inferensial (independent sampel t-test). Berdasarkan hasil analisis data diperoleh nilai thitung sebesar 6,832. Adapun nilai ttabel pada taraf signifikansi 5% pada uji-t dengan dk 47 adalah 2,012, sehingga perbandingan thitung > ttabel yaitu 6,832 > 2,009, yang menunjukan bahwa H0 di tolak dan Ha diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa metode guided writing berbantuan kartu bergambar dapat meningkatkan autonomous learning keterampilan menulis teks deskripsi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata-kata kunci : Metode guided writing, kartu bergambar, autonomous learning, keterampilan menulis teks deskripsi. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | G. A. Deby Fitryadiningrum |
Date Deposited: | 22 May 2025 01:25 |
Last Modified: | 22 May 2025 01:25 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/24196 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |