Mahayani, Luh Dian (2025) PENGEMBANGAN MEDIA E-KOMIK BERBASIS PENDEKATAN KONTEKSTUAL UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN LITERASI PADA SISWA KELAS VI SD. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
![]() |
Text (COVER)
2111031527-COVER.pdf Download (469kB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
2111031527--ABSTRAK.pdf Download (29kB) |
![]() |
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2111031527-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (137kB) |
![]() |
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2111031527-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (169kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3 METODE PENELITIAN)
2111031527-BAB 3 METODE PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (352kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2111031527- BAB 4 HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (998kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5 PENUTUP)
2111031527-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (48kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTRA PUSTAKA)
2111031527-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (237kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
2111031527-LAMPIRAN.pdf Download (6MB) |
Abstract
Keterampilan literasi merupakan kemampuan dasar yang harus dimiliki oleh siswa agar mampu mencapai tujuan pembelajaran melalui pengalaman langsung. Namun sayangnya kegiatan seperti kegiatan literasi yang mampu meningkatkan keterampilan literasi masih bersifat konversional. Kegiatan literasi belum dilengkapi dengan fasilitas dan media yang mengakomodasi gaya belajar siswa. Berdasarkan permasalahan tersebut maka dirasa perlu untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis pendekatan kontekstual untuk mempermudah siswa memahami materi serta melibatkan siswa dalam pembelajaran. Penelitian pengembangan ini menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari tahapan analisis, perancangan, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Metode pengumpulan data menggunakan kuisoner, lembar validisasi instrument dan uji produk, dan test essay. Pengembangan media ini berupa media digital yaitu media E-Komik Berbasis Pendekatakan Kontekstual Untuk Meningkatkan Keterampilan Lterasi Pada Siswa Kelas VI SD telah diuji validitas, kepraktisan, dan efektivitasnya sebelum dapat digunakan di kelas sebagai media bacaan kegiatan literasi. Hasil uji menunjukkan bahwa media e-komik berbasis pendekatan kontekstual layak dan praktis digunakan saat menerapkan kegiatan literasi di kelas. Media e-komik berbasis pendekatan kontekstual fektif meningkatkan keterampilan literasi. Oleh sebab itu, dapat disimpulkan bahwa media e-komik berbasis pendekatan kontekstual yang dikembangkan layak, praktis, dan efektif digunakan dalam meningkatkan keterampilan literasi siswa. Kata Kunci : E-Komik, Pendekatan Kontekstual, Keterampilan Literasi
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | E-Komik, Pendekatan Kontekstual, Keterampilan Literasi. |
Subjects: | L Education > L Education (General) T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Luh Dian Mahayani |
Date Deposited: | 23 May 2025 07:02 |
Last Modified: | 23 May 2025 07:02 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/24197 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |