Ardiani, Ayu (2025) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Team Games Tournament Berbantuan Permainan Tradisional Terhadap Pengetahuan Matematika Siswa Kelas IV SDN Gugus III Kuta Utara Tahun Ajaran 2024/2025. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
![]() |
Text (COVER)
2111031007-COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
2111031007-ABSTRAK.pdf Download (308kB) |
![]() |
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2111031007-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (263kB) |
![]() |
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2111031007-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (566kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3 METODOLOGI PENELITIAN)
2111031007-BAB 3 METODOLOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (636kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2111031007-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (433kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5 PENUTUP)
2111031007-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (261kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2111031007-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (238kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
2111031007-LAMPIRAN.pdf Download (6MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan (1) Mengetahui pengetahuan siswa gugus III Kuta Utara dengan menggunakan model TGT berbantuan permainan tradisional, (2) Mengetahui pengetahuan siswa gugus III Kuta Utara dengan tidak menggunakan model TGT berbantuan permainan tradisional, (3) Mengetahui pengaruh signifikan model TGT berbantuan permainan tradisional terhadap pengetahuan matematika siswa gugus III Kuta Utara. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan desain eksperimen semu menggunakan rancangan non-equivalent control group design. Penelitian ini dilaksanakan di kelas IV SDN Gugus III Kuta Utara dengan populasi sebanyak 416 orang siswa. Pemilihan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling, dua kelompok yang terpilih diuji kesetaraannya dengan uji-t Polled Varians berdasarkan data hasil pre-test yang telah diberikan. Diperoleh dua kelompok sampel, yaitu kelas IV B SD No. 3 Kerobokan sebagai kelompok eksperimen dan kelas IV C SD No. 1 Kerobokan Kaja sebagai kelompok kontrol. Berdasarkan hasil uji hipotesis, diperoleh bahwa thitung = 4,568 dan nilai ttabel pada taraf signifikansi 5% dengan dk = 50 adalah 2,008, maka diketahui bahwa thitung = 4,568 > ttabel = 2,008. Sehingga diputuskan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima, yang berarti terdapat pengaruh signifikan penerapan model pembelajaran kooperatif TGT berbantuan permainan tradisional terhadap kompetensi pengetahuan matematika siswa kelas IV SDN Gugus III Kuta Utara tahun ajaran 2024/2025. Kata Kunci : Team Games Tournament, Permainan Tradisional, Pengetahuan Matematika
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata kunci: Team Games Tournament, Permainan Tradisional, Pengetahuan Matematika |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Ayu Ardiani |
Date Deposited: | 22 May 2025 07:28 |
Last Modified: | 22 May 2025 07:28 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/24212 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |