Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Team Games Tournament Berbantuan Permainan Tradisional Terhadap Pengetahuan Matematika Siswa Kelas IV SDN Gugus III Kuta Utara Tahun Ajaran 2024/2025

Ardiani, Ayu (2025) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Team Games Tournament Berbantuan Permainan Tradisional Terhadap Pengetahuan Matematika Siswa Kelas IV SDN Gugus III Kuta Utara Tahun Ajaran 2024/2025. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2111031007-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
2111031007-ABSTRAK.pdf

Download (308kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2111031007-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (263kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2111031007-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (566kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODOLOGI PENELITIAN)
2111031007-BAB 3 METODOLOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (636kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2111031007-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (433kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2111031007-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (261kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2111031007-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (238kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2111031007-LAMPIRAN.pdf

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan (1) Mengetahui pengetahuan siswa gugus III Kuta Utara dengan menggunakan model TGT berbantuan permainan tradisional, (2) Mengetahui pengetahuan siswa gugus III Kuta Utara dengan tidak menggunakan model TGT berbantuan permainan tradisional, (3) Mengetahui pengaruh signifikan model TGT berbantuan permainan tradisional terhadap pengetahuan matematika siswa gugus III Kuta Utara. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan desain eksperimen semu menggunakan rancangan non-equivalent control group design. Penelitian ini dilaksanakan di kelas IV SDN Gugus III Kuta Utara dengan populasi sebanyak 416 orang siswa. Pemilihan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling, dua kelompok yang terpilih diuji kesetaraannya dengan uji-t Polled Varians berdasarkan data hasil pre-test yang telah diberikan. Diperoleh dua kelompok sampel, yaitu kelas IV B SD No. 3 Kerobokan sebagai kelompok eksperimen dan kelas IV C SD No. 1 Kerobokan Kaja sebagai kelompok kontrol. Berdasarkan hasil uji hipotesis, diperoleh bahwa thitung = 4,568 dan nilai ttabel pada taraf signifikansi 5% dengan dk = 50 adalah 2,008, maka diketahui bahwa thitung = 4,568 > ttabel = 2,008. Sehingga diputuskan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima, yang berarti terdapat pengaruh signifikan penerapan model pembelajaran kooperatif TGT berbantuan permainan tradisional terhadap kompetensi pengetahuan matematika siswa kelas IV SDN Gugus III Kuta Utara tahun ajaran 2024/2025. Kata Kunci : Team Games Tournament, Permainan Tradisional, Pengetahuan Matematika

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Team Games Tournament, Permainan Tradisional, Pengetahuan Matematika
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Ayu Ardiani
Date Deposited: 22 May 2025 07:28
Last Modified: 22 May 2025 07:28
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/24212

Actions (login required)

View Item View Item