Dewi, Ni Nyoman Triska Novita (2025) PENGARUH PENERAPAN METODE PREDICT OBSERVE EXPLAIN (POE) BERBANTUAN OUTDOOR STUDY TERHADAP PROSES SAINS IPAS SISWA KELAS VI SD NEGERI 10 PEDUNGAN TAHUN AJARAN 2024/2025. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
![]() |
Text (COVER)
2111031098-COVER.pdf Download (3MB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
2111031098-ABSTRAK.pdf Download (250kB) |
![]() |
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2111031098-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (235kB) |
![]() |
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2111031098-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (389kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2111031098-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (433kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4 HASIL DAH PEMBAHASAN)
2111031098-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (384kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5 PENUTUP)
2111031098-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (220kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2111031098-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (219kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
2111031098-LAMPIRAN.pdf Download (16MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh signifikan penerapan metode Predict, Observe, Explain (POE) berbantuan Outdoor Study terhadap keterampilan proses sains siswa kelas VI pada mata pelajaran IPAS di SD Negeri 10 Pedungan Tahun Ajaran 2024/2025. Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya keterampilan proses sains siswa yang disebabkan oleh rendahnya literasi, kurangnya variasi metode pembelajaran, serta minimnya aktivitas pengamatan dan eksperimen di kelas. Penelitian menggunakan desain eksperimen semu dengan dua kelompok, yaitu kelompok eksperimen yang mendapatkan pembelajaran POE berbantuan Outdoor Study dan kelompok kontrol yang mendapatkan pembelajaran konvensional. Instrumen penelitian berupa rubrik observasi keterampilan proses sains. Hasil analisis data menunjukkan bahwa terdapat perbedaan signifikan antara kelompok eksperimen dan kontrol, baik pada rata-rata skor keterampilan proses sains kelompok eksperimen sebesar 82,6 dan kelompok kontrol 77,9, dengan nilai thitung = 2,165 > ttabel = 1,674 (α = 0,05, dk = 54), yang menandakan perbedaan signifikan. Uji-t menunjukkan thitung > ttabel pada taraf signifikansi 5%, sehingga hipotesis nol ditolak. Dengan demikian, penerapan metode POE berbantuan Outdoor Study terbukti efektif dalam meningkatkan keterampilan proses sains yang ternyata berpengaruh juga pada pemahaman konsep siswa pada mata pelajaran IPAS. Penelitian ini merekomendasikan penggunaan metode POE berbantuan Outdoor Study sebagai alternatif pembelajaran yang inovatif dan menyenangkan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran sains di sekolah dasar
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode Predict, Observe, Explain, Outdoor Study, Keterampilan Proses Sains |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Ni Nyoman Triska Novita Dewi |
Date Deposited: | 23 May 2025 01:17 |
Last Modified: | 23 May 2025 01:17 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/24215 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |