PENGEMBANGAN DIGITAL FUN BOOK PETUALANGAN VIRTUAL BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING PADA MATA PELAJARAN IPAS MATERI HARMONI DALAM EKOSISTEM KELAS V SD NEGERI 2 BLAHBATUH TAHUN PELAJARAN 2024/2025

Metha, Ni Putu (2025) PENGEMBANGAN DIGITAL FUN BOOK PETUALANGAN VIRTUAL BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING PADA MATA PELAJARAN IPAS MATERI HARMONI DALAM EKOSISTEM KELAS V SD NEGERI 2 BLAHBATUH TAHUN PELAJARAN 2024/2025. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA.

[img] Text (COVER)
2111031471-COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text (ABSTRAK)
2111031471-ABSTRAK.pdf

Download (661kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2111031471-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (614kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2111031471-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (819kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2111031471-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2111031471-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2111031471-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (579kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2111031471-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (596kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2111031471-LAMPIRAN.pdf

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan rancang bangun digital fun book petualangan virtual berbasis problem based learning pada mata pelajaran IPAS materi harmoni dalam ekosistem, (2) mengetahui kelayakan digital fun book petualangan virtual berbasis problem based learning pada mata pelajaran IPAS materi harmoni dalam ekosistem, dan (3) mengetahui efektivitas digital fun book petualangan virtual berbasis problem based learning pada mata pelajaran IPAS materi harmoni dalam ekosistem. Penelitian pengembangan ini menggunakan model pengembangan ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation). Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode kuesioner dan metode tes objektif. Teknik analisis data menggunakan teknik deskriptif kuantitatif dan statistik inferensial uji-t. Hasil penelitian menemukan bahwa (1) rancang bangun digital fun book petualangan virtual memperoleh hasil penilaian ahli rancang bangun sebesar 91,67% (sangat baik), (2) kelayakan digital fun book petualangan virtual memperoleh hasil penilaian dari ahli isi pembelajaran sebesar 90% (sangat baik); hasil penilaian dari ahli desain instruksional sebesar 95% dengan kualifikasi sangat baik; hasil penilaian dari ahli media pembelajaran sebesar 95% (sangat baik); hasil uji coba perorangan sebesar 93,3% dengan kualifikasi sangat baik, hasil uji coba kelompok kecil sebesar 92,7% dengan kualifikasi sangat baik, (3) Hasil uji efektivitas digital fun book dianalisis menggunakan teknik statistika inferensial (uji-t) memperoleh hasil rata-rata post-test (90,47) > nilai BSKAP (86) efektivitas digital fun book petualangan virtual berdasarkan hasil uji-t sample dependent diperoleh thitung = 2.041 untuk dk = 20 dan taraf signifikansi 5% = 1,724. Hal ini berarti thitung > ttabel, sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Dengan demikian hasil penelitian ini menunjukkan bahwa digital fun book petualangan virtual berbasis problem based learning efektif untuk diterapkan pada mata pelajaran IPAS materi Harmoni dalam Ekosistem untuk kelas V di SD Negeri 2 Blahbatuh Tahun Ajaran 2024/2025.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : digital fun book, petualangan virtual, problem based learning, IPAS
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Ni Putu Metha
Date Deposited: 23 May 2025 01:29
Last Modified: 23 May 2025 01:29
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/24227

Actions (login required)

View Item View Item