Darmayanti, Ni Nyoman Yunita (2025) Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Berbasis ICare Pada Materi Penyajian Data Muatan Matematika Di Kelas IV SD Negeri 10 Pedungan Tahun Ajaran 2024/2025. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
![]() |
Text (Cover)
2111031097-COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text (Abstrak)
2111031097-ABSTRAK.pdf Download (299kB) |
![]() |
Text (Bab 1. Pendahuluan)
2111031097-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (444kB) |
![]() |
Text (Bab2. Kajian Teori)
2111031097-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (711kB) | Request a copy |
![]() |
Text (Bab 3. Metodelogi Penelitian)
2111031097-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text (Bab 4. Hasil dan Pembahasan)
2111031097-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
![]() |
Text (Bab 5. Penutup)
2111031097-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (459kB) | Request a copy |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
2111031097-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (339kB) |
![]() |
Text (Lampiran-Lampiran)
2111031097-LAMPIRAN.pdf Download (6MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan rancang bangun media video animasi berbasis ICARE pada materi penyajian data muatan matematika, (2) mengetahui kelayakan media video animasi berbasis ICARE pada materi penyajian data muatan matematika, dan (3) mengetahui efektivitas media video animasi berbasis ICARE pada materi penyajian data muatan matematika. Penelitian pengembangan ini menggunakan model pengembangan ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation). Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode kuesioner dan tes. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif dan analisis statistik inferensial uji-t. Hasil penelitian pengembangan ini menunjukan bahwa: (1) Media video animasi merupakan media elektronik berbentuk sebuah tautan atau link yang berisi video animasi yang dibuat dengan alur cerita menarik untuk membahas materi penyajian data. (2) kelayakan media video animasi berbasis ICARE berdasarkan hasil uji isi/materi pembelajaran memperoleh skor 97,5%, hasil uji desain pembelajaran memperoleh skor 95%, hasil uji media pembelajaran memperoleh skor 92,5%, uji perorangan memperoleh skor 90%, dan uji kelompok kecil memperoleh skor 90,27%, dengan keseluruhan persentase skor berada pada kualifikasi sangat layak. (3) Hasil uji efektivitas produk memperoleh t-hitung = 6,224 > t-tabel = 2,039 pada taraf signifikansi 5% untuk db = 31 sehingga H0 ditolak dan H1 diterima yaitu H1 memuat keputusan nilai rata-rata post-test (82,25) lebih dari KKTP (70). Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa media video animasi berbasis ICARE layak dan efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada materi penyajian data muatan matematika.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata kunci: ADDIE, Video Animasi, ICARE, Penyajian Data, Matematika |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Ni Nyoman Yunita Darmayanti |
Date Deposited: | 26 May 2025 00:32 |
Last Modified: | 26 May 2025 00:32 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/24241 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |