Pengembangan Multimedia RULBI Berbasis Masalah Kontekstual Pada Operasi Hitung Bilangan Cacah Muatan Matematika di Kelas V SD Negeri 5 Sumerta Tahun Pelajaran 2024/2025

Priyatnis, Desak Ketut Rantris (2025) Pengembangan Multimedia RULBI Berbasis Masalah Kontekstual Pada Operasi Hitung Bilangan Cacah Muatan Matematika di Kelas V SD Negeri 5 Sumerta Tahun Pelajaran 2024/2025. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2111031056-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
2111031056-Abstrak.pdf

Download (528kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2111031056-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (2MB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2111031056-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODOLOGI PENELITIAN)
2111031056- BAB 3 METODOLOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2111031056-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2111031056- BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2111031056-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2111031056-LAMPIRAN.pdf

Download (23MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui rancang bangun pengembangan multimedia RULBI berbasis masalah kontekstual pada operasi hitung bilangan cacah muatan matematika di kelas V SD Negeri 5 Sumerta tahun pelajaran 2024/2025 (2) Untuk mengetahui kelayakan produk multimedia RULBI berbasis masalah kontekstual pada operasi hitung bilangan cacah muatan matematika di kelas V SD Negeri 5 Sumerta tahun pelajaran 2024/2025 dan (3) Untuk mengetahui efektifitas multimedia RULBI berbasis masalah kontekstual pada operasi hitung bilangan cacah muatan matematika di kelas V SD Negeri 5 Sumerta tahun pelajaran 2024/2025. Penelitian pengembangan ini menggunakan model pengembangan ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation). Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode kuesioner dan tes. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif dan analisis statistik inferensial uji-t satu sampel. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Media digital berbentuk scan QR-Code yang nantinya akan langsung mengarah pada tautan multimedia RULBI, (2) Kelayakan multimedia RULBI berbasis masalah kontekstual berdasarkan hasil uji materi pembelajaran memperoleh skor 89%, hasil uji desain pembelajaran memperoleh skor 90%, hasil uji media pembelajaran memperoleh skor 91%, uji perorangan memperoleh skor 89%, dan uji kelompok kecil memperoleh skor 87% dengan keseluruhan persentase skor berada pada kualifikasi sangat baik, serta (3) Hasil uji efektivitas produk memperoleh t-hitung = 8,41 > t-tabel = 1,70 pada taraf signifikansi 5% untuk db = 28 sehingga H0 ditolak dan H1 diterima yaitu H1 memuat keputusan nilai post-test lebih dari KKTP yang menunjukan bahwa terdapat perubahan signifikan pada hasil belajar siswa setelah penggunaan multimedia RULBI berbasis masalah kontekstual. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa produk media komik digital layak dan efektif digunakan dalam pembelajaran khususnya pada mata pelajaran Matematika materi perkalian dan pembagian bilangan cacah. Kata Kunci: ADDIE, Multimedia RULBI, Masalah Kontekstual, Perkalian, Pembagian

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: ADDIE, Multimedia RULBI, Masalah Kontekstual, Perkalian, Pembagian
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Desak Ketut Rantris Priyatnis
Date Deposited: 26 May 2025 02:42
Last Modified: 26 May 2025 02:42
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/24246

Actions (login required)

View Item View Item