PENGEMBANGAN MEDIA E-COMIC BERBASIS WORDWALL MUATAN IPS MATERI KENAMPAKAN ALAM DAN BUATAN SERTA PEMBAGIAN WAKTU DI INDONESIA KELAS V SD NEGERI 3 TAMAN KABUPATEN BADUNG

Putri, Ni Putu Novi Lestari (2025) PENGEMBANGAN MEDIA E-COMIC BERBASIS WORDWALL MUATAN IPS MATERI KENAMPAKAN ALAM DAN BUATAN SERTA PEMBAGIAN WAKTU DI INDONESIA KELAS V SD NEGERI 3 TAMAN KABUPATEN BADUNG. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA.

[img] Text (COVER)
2111031469-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
2111031469-ABSTRAK.pdf

Download (619kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2111031469-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (787kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2111031469-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2111031469-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2111031469-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2111031469-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (586kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2111031469-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (448kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2111031469-LAMPIRAN.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menganalisis kelayakan serta efektivitas media E-Comic berbasis wordwall dalam pembelajaran IPS kelas V SD Negeri 3 Taman, Kabupaten Badung. Penggunaan media pembelajaran yang kurang variatif dan kurang interaktif menjadi kendala utama dalam meningkatkan minat serta hasil belajar siswa. Oleh karena itu, penelitian ini mengembangkan media E-Comic berbasis wordwall yang lebih menarik dan interaktif sebagai solusi inovatif dalam pembelajaran IPS. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan (Research and Development) dengan model ADDIE yang terdiri dari lima tahapan yaitu Analisis (Analyze), Perancangan (Design), Pengembangan (Development), Implementasi (Implementation), dan Evaluasi (Evaluation). Kelayakan media dinilai oleh ahli rancang bangun, ahli materi, ahli desain instruksional, dan ahli media pembelajaran, serta diuji melalui uji coba perorangan, uji coba kelompok kecil, dan uji coba lapangan. Efektivitas media diukur melalui eksperimen dengan desain one-group posttest-only, menggunakan tes objektif untuk mengukur hasil belajar siswa setelah penggunaan media. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media E-Comic berbasis wordwall memiliki tingkat kelayakan yang sangat baik, dengan persentase di atas 90% berdasarkan validasi para ahli. Hasil uji coba kepada siswa menunjukkan bahwa media ini sangat menarik dan mudah digunakan dalam pembelajaran IPS dengan rata-rata persentase kelayakan uji coba siswa sebesar 100%. Hasil uji efektivitas juga menunjukkan bahwa penggunaan media ini berdampak positif terhadap peningkatan hasil belajar siswa, dengan nilai post-test yang lebih tinggi dibandingkan standar KKTP/KKM. Berdasarkan hasil penelitian, media E-Comic berbasis wordwall dapat digunakan sebagai alternatif media pembelajaran inovatif yang mendukung pemahaman konsep secara lebih efektif. Penelitian selanjutnya, disarankan mengembangkan E-Comic pada materi lain serta mengintegrasikannya dengan fitur interaktif tambahan guna meningkatkan daya tarik dan efektifitas pembelajaran secara lebih luas.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: E-Comic, Wordwall, IPS, Pembelajaran Interaktif, Media Digital.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Ni Putu Novi Lestari Putri
Date Deposited: 26 May 2025 00:41
Last Modified: 26 May 2025 00:41
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/24260

Actions (login required)

View Item View Item