Pengaruh Model SOLE Berbantuan Google Sites Terhadap Kemampuan Siswa Menyelesaikan Masalah Dalam Pembelajaran Geografi Di SMA Negeri 1 Seririt

Ginting, Ersa Riska Br (2025) Pengaruh Model SOLE Berbantuan Google Sites Terhadap Kemampuan Siswa Menyelesaikan Masalah Dalam Pembelajaran Geografi Di SMA Negeri 1 Seririt. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2114031002-COVER.pdf

Download (431kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2114031002-ABSTRAK.pdf

Download (80kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2114031002-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (133kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2114031002-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (516kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2114031002-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (443kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2114031002-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (821kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2114031002-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (27kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2114031002-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (193kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2114031002-LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mendeskripsikan penerapan model SOLE berbantuan Google Sites pada pembelajaran geografi, (2) Menganalisis efektivitas dan pengaruh penerapan model SOLE berbantuan Google Sites terhadap kemampuan siswa menyelesaikan masalah pada pembelajaran geografi. Penelitian dilakukan di SMA Negeri 1 Seririt kelas X. Penelitian didesain sebagai penelitian eksperimen semu dengan Non-Equivalent Control Group Design. Kelompok eksperimen (X-7) dan kelas kontrol (X-9) dipilih menggunakan Simple Random Sampling pada kelas yang setara. Pengumpulan data menggunakan metode observasi, tes essay dengan instrumen yang telah divalidasi yang selanjutnya dianalisis dengan teknik deskriptif dan inferensial (Uji-t). Hasil penelitian menunjukkan: (1) Penerapan Model SOLE berbantuan Google Sites dalam pembelajaran geografi tergolong kategori sangat baik dengan skor rata-rata 81,15, (2) Model SOLE berbantuan Google Sites cukup efektif dalam meningkatkan kemampuan menyelesaikan masalah yang ditunjukkan oleh nilai N-Gain score (72%), dan (3) Model SOLE berbantuan Google Sites berpengaruh signifikan terhadap kemampuan siswa menyelesaikan masalah pada pembelajaran geografi dibuktikan dengan Sig (2-tailed) = 0,000 < 0,05 pada p= 0,05. Berdasarkan hasil tersebut disarankan kepada guru geografi menggunakan Model SOLE berbantuan Google Sites untuk meningkatkan kemampuan siswa menyelesaikan masalah pada pembelajaran geografi. Kata kunci: Google Sites; Kemampuan Menyelesaikan Masalah; Model SOLE

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Google Sites, Kemampuan Menyelesaikan Masalah, Model SOLE
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
G Geography. Anthropology. Recreation > GE Environmental Sciences
Divisions: Fakultas Hukum dan Ilmu Sosial > Jurusan Geografi > Program Studi Pendidikan Geografi (S1)
Depositing User: Ersa Riska Br Ginting
Date Deposited: 25 May 2025 14:28
Last Modified: 25 May 2025 14:28
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/24263

Actions (login required)

View Item View Item