PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO ANIMASI BERBASIS TRI KAYA PARISUDHA UNTUK MENINGKATKAN LITERASI SAINS DI SEKOLAH DASAR

Yuni, Ni Komang Try (2025) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO ANIMASI BERBASIS TRI KAYA PARISUDHA UNTUK MENINGKATKAN LITERASI SAINS DI SEKOLAH DASAR. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA.

[img] Text (COVER)
2111031246-COVER.pdf

Download (899kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2111031246-ABSTRAK.pdf

Download (635kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2111031246-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (593kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2111031246-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (709kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2111031246-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (907kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2111031246-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2111031246-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (551kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2111031246-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (588kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2111031246-LAMPIRAN.pdf

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran video animasi berbasis Tri Kaya Parisudha untuk meningkatkan literasi sains di Sekolah Dasar. Penelitian ini di latarbelakangi oleh rendahnya kemampuan literasi sains, yang diperburuk oleh minimnya penggunaan media pembelajaran digital dan inovatif. Video animasi dirancang dengan tema Tri Kaya Parisudha yang mengintegrasikan nilai-nilai dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE, yang meliputi tahap analisis, perancangan, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran video animasi berbasis Tri Kaya Parisudha memiliki tingkat validitas sangat tinggi, dengan skor validitas isi media sebesar 0,87 dari ahli materi dan 0,92 dari ahli media. Kepraktisan media dinilai sangat baik dengan skor 92,71% dari siswa, yang mencerminkan daya tarik dan kemudahan penggunaan media dalam pembelajaran. berdasarkan uji efektivitas, terdapat peningkatan signifikan pada kemampuan literasi sains setelah menggunakan media dalam pembelajaran. video animasi terbukti mampu menciptakan pengalaman belajar interaktif, menarik, dan relevan dengan konteks Tri Kaya Parisudha. Media ini juga memberikan implikasi positif dalam memotivasi siswa untuk belajar lebih aktif, membantu guru mengintegrasikan teknologi dalam pembelajaran, serta mendukung pencapaian tujuan Pendidikan di era digital.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Media Pembelajaran Video Animasi, Tri Kaya Parisudha, cahaya dan Sifat-sifatnya, IPA
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Ni Komang Try Yuni
Date Deposited: 26 May 2025 00:49
Last Modified: 26 May 2025 00:49
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/24268

Actions (login required)

View Item View Item