Dewi, Ni Ketut Sukma (2025) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS TRI HITA KARANA PADA MATERI FOTOSINTESIS UNTUK MENINGKATKAN LITERASI BUDAYA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
![]() |
Text (COVER)
2111031280-COVER.pdf Download (794kB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
2111031280-ABSTRAK.pdf Download (252kB) |
![]() |
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2111031280-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (252kB) |
![]() |
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2111031280-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (286kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2111031280-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (431kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4 HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN)
2111031280-BAB 4 HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5 PENUTUP)
2111031280-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (212kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2111031280-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (230kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
2111031280-LAMPIRAN.pdf Download (22MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan rancang bangun Multimedia Interaktif Berbasis Tri Hita Karana Pada Materi Fotosintesis Untuk Meningkatkan Literasi Budaya Siswa Kelas IV Sekolah Dasar, (2) untuk mengetahui kualitas Multimedia Interaktif Berbasis Tri Hita Karana Pada Materi Fotosintesis Untuk Meningkatkan Literasi Budaya Siswa Kelas IV Sekolah Dasar, (3) mengetahui efektivitas Multimedia Interaktif Berbasis Tri Hita Karana Pada Materi Fotosintesis Untuk Meningkatkan Literasi Budaya Siswa Kelas IV Sekolah Dasar .Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE. Metode pengumpulan data dilaksanakan melalui metode angket/kuesioner, dan metode tes berupa soal pilihan ganda. Hasil penelitian ini adalah (1) multimedia interaktif dinyatakan layak berdasarkan hasil penilaian dari ahli isi mata pelajaran sebesar 3.78 dengan kualifikasi sangat baik, hasil penilaian dari ahli media pembelajaran sebesar 3.83 dengan kualifikasi sangat baik, hasil penilaian uji coba kelompok kecil sebesar 3.647 dengan kualifikasi sangat baik. (2) efektivitas multimedia interaktif berdasarkan uji-t sample dependent hasil bahwa nilai signifikansi (2-talled) untuk literasi budaya yang ditunjukan pada tabel two-sided mencapai skor 0,00. pada taraf signifikasi 5%. Hasil tersebut menunjukkan thitung > ttabel sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran multimedia interaktif berbasis tri hita karana pada materi fotosintesis untuk meningkatkan literasi budaya siswa kelas IV Sekolah Dasar
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengembangan, Multimedia Interaktif, Tri Hita Karana, IPAS |
Subjects: | L Education > L Education (General) P Language and Literature > PN Literature (General) Q Science > Q Science (General) T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Ni Ketut Sukma Dewi |
Date Deposited: | 26 May 2025 00:53 |
Last Modified: | 26 May 2025 00:53 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/24273 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |