PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN TEKNIK SERVIS BERBASIS WEBSITE BERORIENTASI PROBLEM BASED LEARNING PADA MATA KULIAH TP. TENIS LAPANGAN

Oktavian, Ardi (2025) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN TEKNIK SERVIS BERBASIS WEBSITE BERORIENTASI PROBLEM BASED LEARNING PADA MATA KULIAH TP. TENIS LAPANGAN. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2116011068-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
2116011068-ABSTRAK.pdf

Download (595kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2116011068-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (623kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2116011068-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (970kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2116011068-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2116011068-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2116011068-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (547kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2116011068-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (463kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2116011068-LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan mengembangkan pembelajaran multimedia berbasis website teknik servis tenis lapangan dengan pendekatan Problem Based Learning (PBL) untuk mata kuliah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan model ADDIE yang meliputi lima tahap yaitu analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Proses validasi produk melibatkan tiga orang ahli yaitu ahli materi, ahli desain pembelajaran, dan ahli media. Selain itu, uji coba produk juga dilakukan dengan melibatkan peserta didik melalui beberapa tahap yaitu uji coba perorangan, kelompok kecil, kelompok besar, dan uji praktikalitas. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket atau kuesioner yang berbasis pada skala penilaian. Data dianalisis menggunakan pendekatan deskriptif secara kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan validasi dari ahli materi mencapai skor 98% dengan kategori sangat baik, ahli desain 97% (sangat baik), ahli media 93% (sangat baik), uji coba perorangan 94% (sangat baik), uji kelompok kecil 92,8% (sangat baik), uji kelompok besar 95,9% (sangat baik), dan uji praktikalitas memperoleh skor 96,65% (sangat baik). Berdasarkan temuan tersebut, dapat disimpulkan bahwa multimedia pembelajaran berbasis website dengan pendekatan PBL yang dikembangkan layak digunakan sebagai sumber belajar, mendukung peningkatan kualitas pembelajaran, dan sesuai dengan prinsip model Problem Based Learning.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Tenis Lapangan, website, Multimedia Pembelajaran, Problem Based Learning
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Olahraga dan Kesehatan > Jurusan Pendidikan Olahraga > Program Studi Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi (S1)
Depositing User: Ardi Oktavian
Date Deposited: 26 May 2025 06:45
Last Modified: 26 May 2025 06:45
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/24284

Actions (login required)

View Item View Item