POLA KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATERI BILANGAN BULAT SISWA KELAS VII SMPN 1 SAWAN BERDASARKAN PENDEKATAN ROBERT B. ASHLOCK

Artadana, Gede Dony (2025) POLA KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATERI BILANGAN BULAT SISWA KELAS VII SMPN 1 SAWAN BERDASARKAN PENDEKATAN ROBERT B. ASHLOCK. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2113011050-COVER.pdf

Download (798kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2113011050-ABSTRAK.pdf

Download (112kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2113011050-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (161kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2113011050-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (406kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2113011050-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (305kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2113011050-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2113011050-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (36kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2113011050-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (108kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2113011050-LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pola kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita materi bilangan bulat siswa kelas VII SMP Negeri 1 Sawan. Analisis terhadap kesalahan siswa dilakukan dengan pendekatan berdasarkan pengembangan teori dari Robert B. Ashlock yang mengklasifikasikan kesalahan siswa dalam beberapa kategori, yaitu kesalahan konsep, kesalahan prosedur, kesalahan dalam menginterpretasikan soal, kesalahan operasional, dan kesalahan dalam penalaran. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan tes tertulis dan wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa subjek penelitian melakukan jenis kesalahan dalam menginterpretasikan soal sebanyak 46,67%, kesalahan prosedur sebanyak 40,00%, kesalahan konsep sebanyak 20,00%, kesalahan operasional sebanyak 13,33%, dan kesalahan dalam penalaran sebanyak 13,33%. Temuan penelitian ini diharapkan dapat memberikan wawasan bagi pendidik dalam merancang strategi pembelajaran yang lebih efektif guna meminimalisir kesalahan siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pola Kesalahan, Bilangan Bulat, Robert B. Ashlock
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Matematika > Program Studi Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: GEDE DONY ARTADANA
Date Deposited: 27 May 2025 01:26
Last Modified: 27 May 2025 01:26
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/24297

Actions (login required)

View Item View Item