PENGGUNAAN FILM DOKUMENTER DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS ULASAN DI KELAS VIII SMP NEGERI 2 TEJAKULA

Kinanti, Dewa Ayu Novera (2025) PENGGUNAAN FILM DOKUMENTER DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS ULASAN DI KELAS VIII SMP NEGERI 2 TEJAKULA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2112011015-COVER.pdf

Download (495kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2112011015-ABSTRAK.pdf

Download (31kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2112011015-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (129kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2112011015-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (232kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2112011015-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (240kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2112011015-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (497kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2112011015-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (44kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2112011015-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (171kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2112011015-LAMPIRAN.pdf

Download (659kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan 1) penggunaan film dokumenter dalam pembelajaran menulis teks ulasan di kelas VIII SMP Negeri 2 Tejakula; 2) kendala yang dihadapi guru dalam peggunaan film dokumenter sebagai media pembelajaran menulis teks ulasan di kelas VIII SMP Negeri 2 Tejakula; dan 3) respon siswa terhadap pembelajaran menulis teks ulasan dengan menggunakan film dokumenter di kelas VIII SMP Negeri 2 Tejakula. Rancangan penelitian yang digunakan adalah rancangan deskriptif kualitatif. Subjek dari penelitian ini adalah siswa dari kelas VIII F SMP Negeri 2 Tejakula sejumlah 34 siswa dan 1 guru mata pelajaran Bahasa Indonesia di SMP Negeri 2 Tejakula sedangkan, objek dari penelitian ini adalah penggunaan film dokumenter, kendala-kendala yang dihadapi oleh guru, dan respon siswa dalam pembelajaran menulis teks ulasan di SMP Negeri 2 Tejakula. Metode yang digunakan dalam mengumpulkan data adalah 1) observasi; 2) wawancara; dan 3) angket. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data metode cetusan dari Miles dan Huberman yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa; 1) pelaksanaan pembelajaran menulis teks ulasan dengan menggunakan film dokumenter di kelas VIII F SMP Negeri 2 Tejakula terdapat 3 kegiatan yakni pendahuluan, kegiatan inti, dan penutup berlangsung sangat baik; 2) kendala- kendala pada pembelajaran menulis teks ulasan dengan menggunakan film dokumenter di kelas VIII F SMP Negeri 2 Tejakula yaitu, a) terbatasnya sarana dan prasarana, b) pengelolaan waktu yang masih kurang efektif. c) kemampuan siswa yang berbeda-beda dalam menulis teks ulasan; dan 3) respon siswa terhadap penggunaan film dokumenter dalam pembelajaran menulis teks ulasan yakni 29,5 (sangat positif).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Film Dokumenter, Pembelajaran, Menulis dan Teks Ulasan
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
P Language and Literature > PK Indo-Iranian
P Language and Literature > PN Literature (General)
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah > Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: Dewa Ayu Novera Kinanti
Date Deposited: 28 May 2025 00:35
Last Modified: 28 May 2025 00:35
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/24312

Actions (login required)

View Item View Item