Kinanti, Dewa Ayu Novera (2025) PENGGUNAAN FILM DOKUMENTER DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS ULASAN DI KELAS VIII SMP NEGERI 2 TEJAKULA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
![]() |
Text (COVER)
2112011015-COVER.pdf Download (495kB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
2112011015-ABSTRAK.pdf Download (31kB) |
![]() |
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2112011015-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (129kB) |
![]() |
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2112011015-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (232kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2112011015-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (240kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2112011015-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (497kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5 PENUTUP)
2112011015-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (44kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2112011015-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (171kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
2112011015-LAMPIRAN.pdf Download (659kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan 1) penggunaan film dokumenter dalam pembelajaran menulis teks ulasan di kelas VIII SMP Negeri 2 Tejakula; 2) kendala yang dihadapi guru dalam peggunaan film dokumenter sebagai media pembelajaran menulis teks ulasan di kelas VIII SMP Negeri 2 Tejakula; dan 3) respon siswa terhadap pembelajaran menulis teks ulasan dengan menggunakan film dokumenter di kelas VIII SMP Negeri 2 Tejakula. Rancangan penelitian yang digunakan adalah rancangan deskriptif kualitatif. Subjek dari penelitian ini adalah siswa dari kelas VIII F SMP Negeri 2 Tejakula sejumlah 34 siswa dan 1 guru mata pelajaran Bahasa Indonesia di SMP Negeri 2 Tejakula sedangkan, objek dari penelitian ini adalah penggunaan film dokumenter, kendala-kendala yang dihadapi oleh guru, dan respon siswa dalam pembelajaran menulis teks ulasan di SMP Negeri 2 Tejakula. Metode yang digunakan dalam mengumpulkan data adalah 1) observasi; 2) wawancara; dan 3) angket. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data metode cetusan dari Miles dan Huberman yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa; 1) pelaksanaan pembelajaran menulis teks ulasan dengan menggunakan film dokumenter di kelas VIII F SMP Negeri 2 Tejakula terdapat 3 kegiatan yakni pendahuluan, kegiatan inti, dan penutup berlangsung sangat baik; 2) kendala- kendala pada pembelajaran menulis teks ulasan dengan menggunakan film dokumenter di kelas VIII F SMP Negeri 2 Tejakula yaitu, a) terbatasnya sarana dan prasarana, b) pengelolaan waktu yang masih kurang efektif. c) kemampuan siswa yang berbeda-beda dalam menulis teks ulasan; dan 3) respon siswa terhadap penggunaan film dokumenter dalam pembelajaran menulis teks ulasan yakni 29,5 (sangat positif).
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Film Dokumenter, Pembelajaran, Menulis dan Teks Ulasan |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools P Language and Literature > PK Indo-Iranian P Language and Literature > PN Literature (General) T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah > Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1) |
Depositing User: | Dewa Ayu Novera Kinanti |
Date Deposited: | 28 May 2025 00:35 |
Last Modified: | 28 May 2025 00:35 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/24312 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |