Nadi, Ni Komang Ratih Putri (2025) PENGEMBANGAN INSTRUMEN ASESMEN DIAGNOSTIK NON KOGNITIF PADA PEMBELAJARAN IPA SMP. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
![]() |
Text (COVER)
2113071021 -COVER...pdf Download (624kB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
2113071021-ABSTRAK.pdf Download (53kB) |
![]() |
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2113071021-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2113071021-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3 METODE PENELITIAN)
2113071021-BAB 3 METODE PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (442kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2113071021-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (703kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5 PENUTUP)
2113071021-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (76kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2113071021-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (210kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
2113071021-LAMPIRAN.pdf Download (26MB) |
Abstract
Asesmen diagnostik non kognitif merupakan salah satu asesmen kurikulum merdeka untuk mengetahui kebutuhan belajar meliputi kesiapan, minat dan profil belajar. Kenyataan di lapangan bahwa pelaksanaan profil belajar kurang optimal, pelaksanaan kesiapan dan minat belajar melalui pengamatan saja, terutama pada pembelajaran IPA SMP. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan karakteristik, pengembangan, tingkat validitas, dan kepraktisan asesmen diagnostik non kognitif pada pembelajaran IPA SMP. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan model ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation & Evaluation), namun penelitian ini hanya sampai tahap Development. Subjek penelitian ini terdiri dari 2 orang ahli sebagai validator dan 3 orang guru IPA sebagai praktisi. Metode penelitian yang digunakan adalah observasi, angket, dan wawancara sedangkan instrumen yang digunakan adalah instrumen uji validitas dan uji kepraktisan. Pengembangan instrumen ini terdiri dari instrumen kesiapan, minat dan profil belajar. Hasil uji validitas isi butir soal instrumen kesiapan belajar sebesar 0,73 dalam kategori validitas tinggi, instrumen minat belajar sebesar 0,9 dalam kategori validitas sangat tinggi dan instrumen profil belajar sebesar 0,9 dalam kategori validitas sangat tinggi. Hasil uji validitas isi aspek materi, bahasa dan konstruksi instrumen kesiapan, minat dan profil belajar sebesar 1 dalam kategori validitas sangat tinggi. Hasil uji kepraktisan dari guru diperoleh sebesar 4,7 dengan kategori sangat praktis. Berdasarkan hasil tersebut, instrumen asesmen diagnostik non kognitif yang dikembangkan layak diuji ketahap selanjutnya yaitu tahap implementasi dan tahap evaluasi. Kata Kunci : Instrumen, Asesmen Diagnostik Non Kognitif, Pembelajaran IPA
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Instrumen, Asesmen Diagnostik Non Kognitif, Pembelajaran IPA |
Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Fisika dan Pengajaran IPA > Program Studi Pendidikan IPA (S1) |
Depositing User: | Ni Komang Ratih Putri Nadi |
Date Deposited: | 28 May 2025 01:52 |
Last Modified: | 28 May 2025 01:52 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/24321 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |