PENGEMBANGAN INSTRUMEN ASESMEN DIAGNOSTIK NON KOGNITIF PADA PEMBELAJARAN IPA SMP

Nadi, Ni Komang Ratih Putri (2025) PENGEMBANGAN INSTRUMEN ASESMEN DIAGNOSTIK NON KOGNITIF PADA PEMBELAJARAN IPA SMP. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2113071021 -COVER...pdf

Download (624kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2113071021-ABSTRAK.pdf

Download (53kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2113071021-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (2MB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2113071021-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODE PENELITIAN)
2113071021-BAB 3 METODE PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (442kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2113071021-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (703kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2113071021-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (76kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2113071021-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (210kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2113071021-LAMPIRAN.pdf

Download (26MB)

Abstract

Asesmen diagnostik non kognitif merupakan salah satu asesmen kurikulum merdeka untuk mengetahui kebutuhan belajar meliputi kesiapan, minat dan profil belajar. Kenyataan di lapangan bahwa pelaksanaan profil belajar kurang optimal, pelaksanaan kesiapan dan minat belajar melalui pengamatan saja, terutama pada pembelajaran IPA SMP. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan karakteristik, pengembangan, tingkat validitas, dan kepraktisan asesmen diagnostik non kognitif pada pembelajaran IPA SMP. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan model ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation & Evaluation), namun penelitian ini hanya sampai tahap Development. Subjek penelitian ini terdiri dari 2 orang ahli sebagai validator dan 3 orang guru IPA sebagai praktisi. Metode penelitian yang digunakan adalah observasi, angket, dan wawancara sedangkan instrumen yang digunakan adalah instrumen uji validitas dan uji kepraktisan. Pengembangan instrumen ini terdiri dari instrumen kesiapan, minat dan profil belajar. Hasil uji validitas isi butir soal instrumen kesiapan belajar sebesar 0,73 dalam kategori validitas tinggi, instrumen minat belajar sebesar 0,9 dalam kategori validitas sangat tinggi dan instrumen profil belajar sebesar 0,9 dalam kategori validitas sangat tinggi. Hasil uji validitas isi aspek materi, bahasa dan konstruksi instrumen kesiapan, minat dan profil belajar sebesar 1 dalam kategori validitas sangat tinggi. Hasil uji kepraktisan dari guru diperoleh sebesar 4,7 dengan kategori sangat praktis. Berdasarkan hasil tersebut, instrumen asesmen diagnostik non kognitif yang dikembangkan layak diuji ketahap selanjutnya yaitu tahap implementasi dan tahap evaluasi. Kata Kunci : Instrumen, Asesmen Diagnostik Non Kognitif, Pembelajaran IPA

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Instrumen, Asesmen Diagnostik Non Kognitif, Pembelajaran IPA
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Fisika dan Pengajaran IPA > Program Studi Pendidikan IPA (S1)
Depositing User: Ni Komang Ratih Putri Nadi
Date Deposited: 28 May 2025 01:52
Last Modified: 28 May 2025 01:52
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/24321

Actions (login required)

View Item View Item