EFEKTIVITAS kONSELING BEHAVIORAL TEKNIK ASSERTIVE TRAINING UNTUK MENINGKATKAN EFIKASI DIRI DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA SMK NEGERI 1 DENPASAR

NI PUTU, PUTRI SANTI PRATIWI (2025) EFEKTIVITAS kONSELING BEHAVIORAL TEKNIK ASSERTIVE TRAINING UNTUK MENINGKATKAN EFIKASI DIRI DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA SMK NEGERI 1 DENPASAR. Masters thesis, UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA.

[img] Text (COVER)
2229111001-COVER.pdf

Download (781kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2229111001-ABSTRAK.pdf

Download (208kB)
[img] Text (BAB I PENDAHULUAN)
2229111001-BAB I Pendahuluan.pdf

Download (183kB)
[img] Text (BAB II KAJIAN TEORI)
2229111001-BAB II Kajian Teori.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (297kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III METODELOGI PENELITIAN)
2229111001-BAB III Metodelogi Penelitian.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (673kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN)
2229111001-BAB IV Hasil dan Pembahasan.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (416kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V PENUTUP)
2229111001-BAB V Penutup.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (230kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2229111001-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (81kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2229111001-LAMPIRAN.pdf

Download (327kB)

Abstract

Keyakinan dan Motivasi dalam pembelajaran sangat penting diterapkan, karena sikap disiplin bertujuan agar dapat menjaga dari perilaku yang menyimpang dan hal-hal yang dapat menganggu dalam proses pembelajaran. Potensi peserta didik dapat dilihat dari motivasi belajar yang dimiliki. Memiliki motivasi belajar yang tinggi merupakan sebuah penentu terhadap keberhasilan hasil belajarnya, sebaliknya jika memiliki motivasi yang rendah dapat menyebabkan kurangnya usaha belajar, yang pada akhirnya dapat berpengaruh terhadap hasil belajar yang didapatkan. Teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel pada penelitian ini adalah teknik random sampling, dimana kelas sebagai intact group. Random sampling adalah teknik penarikan sampel yang secara sederhana dengan cara random, yang dimaksud sederhana adalah pengambilan sampel langsung pada individu/kasus berdasarkan bilangan random yang lazim ada di buku-buku statistik atau berdasarkan undian (Dantes,2012 ). Variabel yang dikaji dalam penelitian ini adalah Efikasi Diri dan Motivasi Belajar siswa sebagai hasil penerapan model konseling Behavioral teknik assertive training. Penelitian ini termasuk quasi eksperimen dengan rancangan penelitian “posttest non equivalent control group design”. Pengambilan sample digunakan teknik random sampling yang diperoleh kelas eksperimen yaitu X TSM 1 yang diberikan treatment konseling behavioral teknik assertive training sedangkan kelas X TSM 2 sebagai kelompok control tanpa diberikan treatment. Berdasarkan hasil perhitungan distribusi kecendrungan post-test efikasi diri dan motivasi belajar dapat disimpulkan bahwa post-test efikasi diri dan motivasi belajar cendrung rendah, setelah diberikan Treatment hasil Post-test efikasi diri dan motivasi belajar menjadi meningkat. Berdasarkan hasil ini dapat dilihat terdapat peningkatan yang signifikan pada hasil post-test efikasi diri dan motivasi belajar. Kata Kunci :Efikasi Diri, Motivasi Belajar, Konseling Behavioral

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Konseling Behavioral, Efikasi Diri, Motivasi Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Bimbingan Konseling (S2)
Depositing User: Ni Putu Putri Santi Pratiwi
Date Deposited: 05 Jun 2025 14:20
Last Modified: 05 Jun 2025 14:20
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/24358

Actions (login required)

View Item View Item