PURWATININGSIH, NI LUH DIAN (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER BERBASIS PENILAIAN PORTOFOLIO TERHADAP KOMPETENSI PENGETAHUAN MATEMATIKA KELAS V SD GUGUS VIII MENGWI TAHUN AJARAN 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1611031039_COVER.pdf Download (755kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1611031039_ABSTRAK.pdf Download (268kB) |
|
Text (BAB I PENDAHULUAN)
1611031039_BAB I PENDAHULUAN.pdf Download (231kB) |
|
Text (BAB II KAJIAN TEORI)
1611031039_BAB II KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (253kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III METODELOGI PENELITIAN)
1611031039_BAB III METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (617kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN)
1611031039_BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (454kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V PENUTUP)
1611031039_BAB V PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (333kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1611031039_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (245kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1611031039_LAMPIRAN.pdf Download (3MB) |
Abstract
ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model NHT berbasis penilaian portofolio terhadap kompetensi pengetahuan matematika kelas V SD Gugus VIII Mengwi Tahun Ajaran 2019/2020. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan rancangan kelompok non-equivalent control group design. Populasi pada penelitian adalah seluruh kelas V SD Gugus VIII Mengwi Tahun Ajaran 2019/2020 yang terdiri dari 10 kelas secara keseluruhan berjumlah 244 siswa. Penentuan sampel dalam penelitian menggunakan teknik random sampling. Sampel dalam penelitian adalah kelas V SD No. 1 Mengwi sebanyak 34 siswa sebagai kelompok eksperimen dan kelas VA SD No. 3 Mengwi sebanyak 35 siswa sebagai kelompok kontrol.Pada proses pengumpulan data,tes dipilih sebagai instrumen penelitian yang berbentuk tes objektif pilihan ganda biasa, sehingga didapatkan data berupa nilai kompetensi pengetahuan matematika yang berbentuk data kuantitatif, kemudian dianalisis menggunakan analisis uji-t dengan rumus polled varians.Rerata nilai kompetensi pengetahuan matematika kelompok eksperimen ¯x=81,21 dan kelompok kontrol ¯x =72,29. Hasil analisis data diperoleh thitung = 4,351 > ttabel = 2,000 (a=0,05 dan dk=67) maka H0 ditolak dan Ha diterima yang artinya terdapat perbedaan yang signifikan antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Sesuai dengan hasil tersebut dapat disimpulkan model NHT berbasis penilaian portofolio berpengaruh terhadap kompetensi pengetahuan matematika kelas V SD Gugus VIII Mengwi Tahun Ajaran 2019/2020. Kata Kunci : Model NHT dan Penilaian Portofolio, Kompetensi Pengetahuan Matematika.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model NHT dan Penilaian Portofolio, Kompetensi Pengetahuan Matematika |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Ni Luh Dian Purwatiningsih |
Date Deposited: | 27 Jul 2020 12:48 |
Last Modified: | 27 Jul 2020 12:48 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/2444 |
Actions (login required)
View Item |