Ramadhania, Jerry (2020) Pengaruh Model Pembelajaran Paired Storytelling Berbantuan Media Wayang Kertas Terhadap Keterampilan Berbicara Bahasa Indonesia Siswa Kelas III SD Gugus VIII Mengwi Badung Tahun Ajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1611031060-COVER.pdf Download (413kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1611031060-ABSTRAK.pdf Download (196kB) |
|
Text (BAB I PENDAHULUAN)
1611031060-BAB I PENDAHULUAN.pdf Download (211kB) |
|
Text (BAB II KAJIAN TEORI)
1611031060-BAB II KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (268kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III METODELOGI PENELITIAN)
1611031060-BAB III METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (429kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN)
1611031060-BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (442kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V PENUTUP)
1611031060-BAB V PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (112kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1611031060-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (201kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1611031060-LAMPIRAN.pdf Download (3MB) |
Abstract
Diadakannya penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran paired storytelling berbantuan media wayang kertas terhadap keterampilan berbicara bahasa Indonesia siswa kelas III di SD Gugus VIII Mengwi Badung. Quasi eksperimen adalah jenis dari penelitian ini serta Nonequivalent Control Group Design sebagai rancangan penelitian. Populasi pada penelitian ini sejumlah 298 siswa yang terdiri dari 11 kelas. Setelah melalui teknik random sampling, SD No. 1 Mengwi dan SD No. 3 Mengwi terpilih menjadi sampel penelitian. Metode pengumpulan data penelitian yaitu menggunakan metode tes dan observasi. Instrumen pengumpulan data yang digunakan berupa tes tindakan dalam bentuk bercerita yang mengacu pada rubrik penilaian dan lembar observasi. Rerata keterampilan berbicara bahasa Indonesia siswa pada kelompok eksperimen yaitu = 80,19 dan kelompok kontrol = 70,60. Data post-test dianalisis dengan uji-t menggunakan rumus polled varians. Hasil analisis data diperoleh (thitung = 4,872 > ttabel = 2,000) pada taraf signifikasi 5% (dk = 32 + 31 – 2 = 61) maka, H0 ditolak dan Ha diterima yang berarti terdapat perbedaan yang signifikan keterampilan berbicara bahasa Indonesia antara kelompok siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran paired storytelling berbantuan media wayang kertas dan kelompok siswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran konvensional pada siswa kelas III SD Gugus VIII Mengwi Badung tahun ajaran 2019/2020. Maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran paired storytelling berbantuan media wayang kertas berpengaruh terhadap keterampilan berbicara bahasa Indonesia siswa kelas III SD Gugus VIII Mengwi Badung Tahun Ajaran 2019/2020.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | paired storytelling, wayang kertas, keterampilan berbicara bahasa Indonesia |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Jerry Ramadhania |
Date Deposited: | 27 Jul 2020 12:55 |
Last Modified: | 27 Jul 2020 12:55 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/2445 |
Actions (login required)
View Item |