PENGEMBANGAN MODUL AJAR DASAR-DASAR PERHOTELAN BERBASIS PROYEK DI SMK NEGERI 1 TEGALLALANG

Swandewi, Ni Nyoman (2025) PENGEMBANGAN MODUL AJAR DASAR-DASAR PERHOTELAN BERBASIS PROYEK DI SMK NEGERI 1 TEGALLALANG. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2015011001-COVER.pdf

Download (794kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2015011001-ABSTRAK.pdf

Download (357kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2015011001-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (403kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2015011001-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (480kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODE PENELITIAN)
2015011001-BAB 3 METODE PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (490kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2015011001-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2015011001-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (354kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2015011001-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (331kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2015011001-LAMPIRAN.pdf

Download (12MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan langkah-langkah pengembangan modul ajar Dasar-Dasar Perhotelan berbasis proyek di SMK Negeri 1 Tegallalang, (2) mendeskripsikan kelayakan modul ajar Dasar-Dasar Perhotelan, dan (3) mendeskripsikan respons siswa terhadap modul ajar yang telah dikembangkan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan (Research and Development/R&D) yang menerapkan model pengembangan 4D, yang mencakup empat tahapan sistematis, yaitu define (pendefinisian), design (perancangan), develop (pengembangan), dan disseminate (penyebarluasan). Penelitian ini melibatkan 2 orang ahli materi, 2 orang ahli desain pembelajaran, dan 34 siswa kelas X dari program keahlian perhotelan di SMK Negeri 1 Tegallalang sebagai subjek penelitian. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan menggunakan metode kuesioner, yang selanjutnya dianalisis dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjuksn (1) langkah-langkah pengembangan dilakukan melalui empat tahapan, yaitu: tahap Define dengan analisis awal, analisis peserta didik, analisis konsep, analisis tugas, dan analisis tujuan pembelajaran, tahap Design dengan penyusunan materi, pembuatan kerangka modul ajar, dan rancangan awal produk, tahap Develop dengan uji kelayakan oleh ahli materi, ahli desain pembelajaran, melaksanakan revisi produk, dan penyebaran angket respon siswa, dan tahap Disseminate dengan penyebaran produk modul ajar kepada guru perhotelan. (2) hasil uji kelayakan oleh ahli materi memperoleh kategori sangat layak dan uji kelayakan ahli desain pembelajaran memperoleh kategori sangat layak, (3) hasil respons yang diberikan oleh siswa terhadap modul yang dikembangkan menunjukkan hasil yang positif. Oleh karena itu, modul ajar Dasar-Dasar Perhotelan berbasis proyek dinyatakan layak digunakan di SMK Negeri 1 Tegallalang.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, modul ajar, dasar-dasar perhotelan
Subjects: L Education > L Education (General)
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik dan Kejuruan > Jurusan Teknologi Industri > Program Studi Pendidikan Kesejahteraan Keluarga (S1)
Depositing User: Ni Nyoman Swandewi
Date Deposited: 13 Jun 2025 05:18
Last Modified: 13 Jun 2025 05:18
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/24451

Actions (login required)

View Item View Item