PENGEMBANGAN VIDEO PROMOSI PADA TRADISI SABA DAHA SEBAGAI DAYA TARIK WISATA BUDAYA DI DESA SEMBIRAN-BULELENG

Artani, Ketut Saih (2025) PENGEMBANGAN VIDEO PROMOSI PADA TRADISI SABA DAHA SEBAGAI DAYA TARIK WISATA BUDAYA DI DESA SEMBIRAN-BULELENG. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2015011018-COVER.pdf

Download (647kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2015011018-ABSTRAK.pdf

Download (275kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2015011018-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (345kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2015011018-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (399kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODE PENELITIAN)
2015011018-BAB 3 METODE PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (410kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2015011018-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2115081019-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (303kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2115081019-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (210kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2015011018-LAMPIRAN.pdf

Download (13MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pengembangan video promosi tradisi Saba Daha di Desa Sembiran dan menguji kelayakan video promosi tradisi Saba Daha di Desa Sembiran yang telah dikembangkan. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data campuran yaitu deskriptif kualitatif dan kuantitatif dengan menggunakan instrumen pengumpulan data seperti observasi, wawancara, study dokumen dan angket untuk uji ahli materi, uji ahli media serta uji respon masyarakat. Proses pengembangan ini menggunakan model pengembangan 4D, yang terdiri dari define (pendefinisian), design (rancangan), develop (pengembangan), dan disseminate (penyebaran). Penelitian ini melibatkan 2 orang ahli materi, 2 orang ahli media dan 10 warga Desa Sembiran sebagai uji responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan video promosi tradisi Saba Daha telah diterapkan sudah sesuai dengan tahapan-tahapan model pengembangan 4D. Hasil dari uji kelayakan video promosi berdasarkan penilaian dari kedua ahli materi dan ahli media dengan kategori sangat layak. Selain itu hasil dari respons warga Desa Sembiran sebagai uji responden terkait video promosi tradisi Saba Daha dengan kategori sangat layak. Oleh karena itu, video promosi tradisi Saba Daha dinyatakan layak untuk digunakan sebagai media promosi tradisi Saba Daha di Desa Sembiran

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, Video promosi, Tradisi Saba Daha, Model 4D
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GN Anthropology
L Education > LB Theory and practice of education
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik dan Kejuruan > Jurusan Teknologi Industri > Program Studi Pendidikan Kesejahteraan Keluarga (S1)
Depositing User: Ketut Saih Artani
Date Deposited: 16 Jun 2025 00:14
Last Modified: 16 Jun 2025 00:14
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/24470

Actions (login required)

View Item View Item