Apriyanti, Ni Made Leny (2025) PENGEMBANGAN MEDIA KARTU BERGAMBAR INTERAKTIF DIGITAL UNTUK MENINGKATKAN MEMBACA PERMULAAN SISWA KELAS II DI SEKOLAH DASAR. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
![]() |
Text (COVER)
2111031457-COVER.pdf Download (769kB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
2111031457-ABSTRAK.pdf Download (278kB) |
![]() |
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2111031457-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (275kB) |
![]() |
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2111031457-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (310kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2111031457-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (407kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2111031457-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (912kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5 PENUTUP)
2111031457-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (237kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2111031457-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (245kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
2111031457-LAMPIRAN.pdf Download (8MB) |
Abstract
Kemampuan membaca permulaan pada siswa kelas II sekolah dasar masih rendah. Minimnya media pembelajaran menjadi kendala utama dalam keterampilan membaca permulaan siswa. Penelitian ini bertujuan mengembangkan media kartu bergambar interaktif digital untuk meningkatkan membaca permulaan siswa kelas II sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan model 4D meliputi pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (development), dan penyebaran (disseminate). Subjek penelitian adalah kartu bergambar interaktif digital yang diujicobakan kepada 12 siswa kelas II. Pengumpulan data menggunakan kuesioner, tes, observasi, dan wawancara dengan instrumen yang telah divalidasi oleh 2 ahli materi, 2 ahli media, dan 2 guru. Data dianalisis secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian dianalisis menggunakan rumus mean untuk mengetahui tingkat nilai kelayakan media 4,80, kelayakan materi 4,95, dan kepraktisan guru 4,95. Nilai Signifikan (2-taillend) pada uji-t menunjukkan angka .000, sehingga terdapat pengaruh yang signifikan dari media kartu bergambar interaktif digital. Media dapat memberikan Implikasi pada peningkatan kualitas pembelajaran membaca permulaan. Kesimpulannya media kartu bergambar interaktif digital efektif digunakan untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan siswa kelas II Sekolah Dasar.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pengembangan media, kartu bergambar interaktif digital, membaca permulaan, siswa sekolah dasar |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education L Education > LC Special aspects of education T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Ni Made Leny Apriyanti |
Date Deposited: | 16 Jun 2025 06:59 |
Last Modified: | 16 Jun 2025 06:59 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/24471 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |