IMPLEMENTASI INTEROPERABILITAS PADA APLIKASI MARKETPLACE PERCETAKAN (STUDI KASUS: KOTA SINGARAJA)

Gotama Bagus Kusuma, Nyoman (2025) IMPLEMENTASI INTEROPERABILITAS PADA APLIKASI MARKETPLACE PERCETAKAN (STUDI KASUS: KOTA SINGARAJA). Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1915101027-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
1915101027-ABSTRAK.pdf

Download (247kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1915101027-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (249kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1915101027-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (580kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODE PENELITIAN)
1915101027-BAB 3 METODE PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (745kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1915101027-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1915101027-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (243kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1915101027-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (210kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1915101027-LAMPIRAN.pdf

Download (477kB)

Abstract

Seiring dengan perkembangannya teknologi informasi, kebutuhan akan layanan percetakan yang cepat, efisien, dan mudah diakses semakin meningkat. Namun, saat ini tidak ada platform terpusat di Singaraja yang mampu menghubungkan penyedia layanan percetakan dengan pelanggan secara efektif. Berdasarkan permasalahan tersebut, implementasi interoperabilitas pada aplikasi marketplace percetakan merupakan langkah strategisnya. Tujuan dari penelitian ini diantaranya untuk mengetahui proses bisnis pada implementasi interoperabilitas pada aplikasi marketplace percetakan, membangun rancangan umum implementasi interoperabilitas pada aplikasi marketplace percetakan, dan untuk mengetahui hasil pengujian implementasi interoperabilitas pada aplikasi Marketplace percetakan. Adapun metode penelitian yang digunakan oleh peneliti yakni menggunakan mix methods dilanjutkan dengan metode pengembangan sistem yang menggunakan model Waterfall. Jenis pengujian yang dilakukan pada penelitian ini diantaranya menggunakan Unit Testing, pengujian fungsionalitas, pengujian endpoint API, pengujian Performance tab, serta pengujian menggunakan Google Lighthouse. Setelah dilakukannya ke empat jenis pengujian, pengujian ini membuahkan hasil yang maksimal. Pada pengujian Unit Testing, tingkat keberhasilan yang diperoleh mencapai 100% menandakan bahwa fungsi-fungsi dalam sistem berjalan sesuai dengan yang diharapkan. Pengujian fungsionalitas menunjukkan hasil untuk seluruh skenario pengujian dengan tingkat keberhasilan 100%. Pengujian endpoint API menunjukkan tingkat keberhasilan 100% dari total 19 skenario yang mengindikasikan bahwa setiap endpoint berfungsi sesuai dengan standar yang diharapkan. Pada hasil pengujian Google Lighthouse menunjukkan bahwa aplikasi Merchant memiliki performa lebih baik dibandingkan Marketplace. Sedangkan pada pengujian Performance tab, aplikasi Marketplace mencatatkan LCP sebesar 0.17 detik, CLS 0.35, dan INP 0ms. Sementara itu, aplikasi Merchant memiliki LCP sebesar 0.23 detik, CLS 0.00, dan INP 8 ms yang menunjukkan bahwa performa aplikasi Merchant lebih baik ketimbang aplikasi Marketplace.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: implementasi, interoperabilitas, marketplace, waterfall, unit testing, fungsionalitas, endpoint, performance tab, google lighthouse.
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z665 Library Science. Information Science
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > ZA Information resources > ZA4450 Databases
Divisions: Fakultas Teknik dan Kejuruan > Jurusan Teknik Informatika > Program Studi Ilmu Komputer (S1)
Depositing User: Nyoman Gotama Bagus Kusuma
Date Deposited: 18 Jun 2025 06:53
Last Modified: 18 Jun 2025 06:53
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/24501

Actions (login required)

View Item View Item