PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GUIDED INQUIRY BERBASIS TRI HITA KARANA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS IPA SISWA KELAS IV SD GUGUS X KECAMATAN BULELENG

Krisnayanti, Ni Komang Eka (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GUIDED INQUIRY BERBASIS TRI HITA KARANA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS IPA SISWA KELAS IV SD GUGUS X KECAMATAN BULELENG. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (1611031345-COVER)
1611031345-COVER.pdf

Download (718kB)
[img] Text (1611031345-ABSTRAK)
1611031345-ABSTRAK.pdf

Download (266kB)
[img] Text (1611031345-BAB 1 PENDAHULUAN)
1611031345-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (227kB)
[img] Text (1611031345-BAB 2 KAJIAN TEORI)
1611031345-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (312kB) | Request a copy
[img] Text (1611031345-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1611031345-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (639kB) | Request a copy
[img] Text (1611031345-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1611031345-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (667kB) | Request a copy
[img] Text (1611031345-BAB 5 PENUTUP)
1611031345-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (185kB) | Request a copy
[img] Text (1611031345-DAFTAR PUSTAKA)
1611031345-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (129kB)
[img] Text (1611031345-LAMPIRAN)
1611031345-LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Abstrak Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Pengaruh model pembelajaran guided inquiry berbasis Tri Hita Karana terhadap motivasi belajar IPA. 2) Pengaruh model pembelajaran guided inquiry berbasis Tri Hita Karana terhadap keterampilan berpikir kritis IPA. 3) Pengaruh model pembelajaran guided inquiry berbasis Tri Hita Karana terhadap motivasi belajar dan keterampilan berpikir kritis IPA. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu (quasi experiment). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas IV (empat) SD Gugus X Kecamatan Buleleng yang terdiri dari 5 kelas di lima sekolah dasar dengan jumlah 126 siswa.Sampel diambil dengan menggunakan teknik cluster random sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV di SDN 1 Kaliuntu sebagai kelompok Eksperimen yang berjumlah 27 siswa dan seluruh kelas IV di SDN 3Kaliuntu sebagai kelompok kontrol yang berjumlah 20 siswa.Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes berupa esay dalam mengukur keterampilan berpikir kritis dan non tes berupa angket untuk mengukur motivasi belajar. Data yang dikumpulkan dianalisis dengan menggunakan MANOVA. Hasil analisis data pada taraf signifikansi α=0,05 sebagai berikut: (1) Terdapat perbedaan yang signifikan motivasi belajar antara siswa yang belajar dengan pembelajaran Guided Inquiry dan siswa yang tidak dibelajarkan dengan model Guided Inquiry (F= 161,679; p<0,05). (2) Terdapat perbedaan yang signifikan keterampilan berpikir kritis antara siswa yang belajar dengan pembelajaran Guided Inquiry dan siswa yang tidak dibelajarkan dengan model Guided Inquiry (F= 85,728; p<0,05). (3) Secara simultan terdapat perbedaan yang signifikan motivasi belajar dan keterampilan berpikir kritis IPA antara siswa yang belajar dengan pembelajaran Guided Inquiry dan siswa yang tidak dibelajarkan dengan model Guided Inquiry (F= 112,193; p<0,05). Kata kunci : pembelajaran guided inquiry, motivasi belajar, keterampilan berpikir kritis IPA

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: pembelajaran guided inquiry, motivasi belajar, keterampilan berpikir kritis IPA
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Ni Komang Eka Krisnayanti
Date Deposited: 28 Jul 2020 05:57
Last Modified: 28 Jul 2020 05:57
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/2451

Actions (login required)

View Item View Item