Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Dan Bentuk Tes Formatif Berbasis High Order Thinking Skill Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta didik

Ismail, Nauval Syafiq (2025) Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Dan Bentuk Tes Formatif Berbasis High Order Thinking Skill Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta didik. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2229021007-COVER.pdf

Download (311kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2229021007-ABSTRAK.pdf

Download (52kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2229021007-BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (143kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2229021007-BAB II KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (283kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2229021007-BAB III METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (451kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2229021007-BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (793kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2229021007-BAB V PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (168kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2229021007- DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (121kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2229021007-LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat bagaimana model pembelajaran berbasis masalah (PBL) dan penggunaan tes formatif yang dirancang untuk mengukur kemampuan berpikir kritis tingkat tinggi (HOTS) siswa berdampak pada kemampuan berpikir kritis mereka. Digunakan desain quasi-eksperimental dengan desain kelompok kontrol yang tidak sebanding. Dua kelompok dibentuk: kelompok eksperimen yang menggunakan model PBL dan kelompok kontrol yang menggunakan metode pengajaran konvensional. Untuk mengevaluasi keterampilan berpikir kritis siswa, data dikumpulkan melalui tes lisan dan esai. Temuan menunjukkan bahwa model PBL meningkatkan pemikiran kritis siswa. Selain itu, ditemukan bahwa penggunaan tes formatif berbasis HOTS dapat secara signifikan meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Kombinasi model pembelajaran dan jenis tes formatif menghasilkan peningkatan paling signifikan dalam keterampilan berpikir kritis dalam kelompok eksperimen. Studi ini merekomendasikan agar guru memperluas penggunaan model PBL dan menggabungkan penilaian berbasis HOTS untuk menumbuhkan pemikiran kritis, yang sangat penting untuk mempersiapkan siswa menghadapi tantangan global.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Problem Based Learning, Tes Formatif, High Order Thingking Skill, Kemampuan Berfikir Kritis.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Penelitian dan Evaluasi Pendidikan (S2)
Depositing User: NAUVAL SYAFIQ ISMAIL
Date Deposited: 20 Jun 2025 02:48
Last Modified: 20 Jun 2025 02:48
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/24513

Actions (login required)

View Item View Item