Pengaruh Literasi Keuangan, Bandwagon Effect dan Efikasi Keuangan Terhadap Minat Investasi Mahasiswa

Marhaeni, Ni Kadek Ayu Dwi (2025) Pengaruh Literasi Keuangan, Bandwagon Effect dan Efikasi Keuangan Terhadap Minat Investasi Mahasiswa. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
211705105_COVER.pdf

Download (978kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2117051057_ABSTRAK.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2117051057_BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (395kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2117051057_BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (393kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODOLGI PENELITIAN)
2117051057_BAB 3 METODOLOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (355kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2117051057_BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (454kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2117051057_BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (287kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2117051057_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (247kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2117051057_LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dari fenomena peningkatan jumlah investor saham di pasar modal Indonesia yang terus meningkat dari tahun ke tahun. Peningkatan tersebut turut mempengaruhi peningkatan investor yang ada dibeberapa daerah, salah satunya daerah Bali. Investor di pasar modal untuk saat ini didominasi oleh kalangan gen z seusia 18-25, yang mana mahasiswa termasuk ke dalam kalangan gen z tersebut. Sebagian besar kampus telah bekerja sama dengan beberapa sekuritas untuk menyediakan wadah bagi mahasiswa, agar lebih mudah berinvestasi. Namun masalah muncul ketika mahasiswa berinvestasi tanpa memperhatikan aspek dasar dalam investasi. Faktor-faktor yang diindikasi dapat mempengaruhi investasi yaitu literasi keuangan, bandwagon effect dan efikasi keuangan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan populasi 162 mahasiswa BSO KSPM FEB Universitas Udayana. Menggunakan sampel total sehingga jumlahnya tetap 162 mahasiswa. Data primer diperoleh melalui kuesioner berskala likert dan dianalisis menggunakan SPSS melalui uji deskriptif, uji kualitas data, uji asumsi klasik, dan uji hipotesis. Hasilnya menunjukkan bahwa literasi keuangan bandwagon effect dan efikasi keuangan berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat investasi mahasiswa. Implikasi dari penelitian ini yaitu diharapkan agar mahasiswa BSO KSPM FEB Universitas Udayana memperdalam literasi keuangan, menerapkan bandwagon effect yang dibarengi dengan pengetahuan keuangan yang baik, dan mengelola keuangan dengan efektif agar dapat berinvestasi dengan baik dan mendapat hasil yang memuaskan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: bandwagon effect, efikasi keuangan, literasi keuangan, minat investasi
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi > Jurusan Ekonomi dan Akutansi > Program Studi Akuntansi (S1)
Depositing User: Ni Kadek Ayu Dwi Marhaeni
Date Deposited: 23 Jun 2025 07:27
Last Modified: 23 Jun 2025 07:27
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/24519

Actions (login required)

View Item View Item