Indrawati, Kadek Ayu (2025) EFEKTIVITAS PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MINIATUR PEMBELAJARAN DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR ANALITIS SISWA PADA PEMBELAJARAN GEOGRAFI DI SMA NEGERI 1 SAWAN. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
![]() |
Text (COVER)
2114031020-COVER.pdf Download (4MB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
2114031020-ABSTRAK.pdf Download (4MB) |
![]() |
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2114031020-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (4MB) |
![]() |
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2114031020-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2114031020-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2114031020-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5 PENUTUP)
2114031020-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2114031020-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (4MB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
2114031020-LAMPIRAN.pdf Download (4MB) |
Abstract
Pelaksanaan studi ini bertempat di SMA Negeri 1 Sawan, yang bertujuan untuk mengevaluasi tiga aspek utama, yakni: (1) sejauh mana model PBL yang dilengkapi dengan miniatur pembelajaran dapat diimplementasikan dalam pembelajaran geografi, (2) tingkat efektivitas penggunaan pendekatan PBL berbantuan media miniatur pada mata pelajaran geografi untuk mengukur tingkat berpikir analitis siswa di tingkat SMA, serta Penggunaan model PBL dengan miniatur pembelajaran terhadap dampak signifikan kemampuan analitis. Menggunakan model non-equivalent control group design, penelitian ini dirancang melalui pendekatan kuasi-eksperimental. Secara acak sederhana, dua kelas yang memiliki kesetaraan kemampuan akademik dipilih sebagai sampel. Sebagai kelompok eksperimen, ditetapkan kelas X IPS D, sementara kelas X IPS C dijadikan sebagai kelompok kontrol berdasarkan hasil seleksi tersebut. Dengan memanfaatkan observasi langsung, pemberian tes, dan dokumentasi, teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilaksanakan. Melalui analisis deskriptif kuantitatif dan uji-t sebagai bagian dari analisis inferensial, data yang diperoleh kemudian diolah dan dianalisis. Penelitian ini mengungkapkan sejumlah temuan, yakni: (1) Dalam pembelajaran geografi, khususnya pada materi litosfer dan struktur tanah, pendekatan berbasis masalah yang disertai penggunaan media miniatur dinilai sangat layak diterapkan; (2) Kemampuan berpikir analitis siswa SMA meningkat secara signifikan melalui model pembelajaran tersebut; dan (3) Pengaruh signifikan secara statistik tampak dari pemanfaatan media miniatur yang terintegrasi dalam pendekatan pembelajaran terhadap pengembangan kemampuan berpikir analitis peserta didik. Sebagai strategi pembelajaran yang menarik dan mendorong partisipasi siswa secara aktif, pendekatan berbasis masalah yang dikolaborasikan dengan media miniatur patut dipertimbangkan oleh guru geografi tingkat SMA. Untuk mengembangkan keterampilan berpikir analitis secara optimal, strategi ini dapat dijadikan sebagai alternatif yang inovatif dan aplikatif dalam proses pembelajaran di kelas.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Berpikir Analitis, Miniatur Pembelajaran, Pembelajaran Geografi Problem-Based Learning |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General) G Geography. Anthropology. Recreation > GE Environmental Sciences |
Divisions: | Fakultas Hukum dan Ilmu Sosial > Jurusan Geografi > Program Studi Pendidikan Geografi (S1) |
Depositing User: | Kadek Ayu Indrawati |
Date Deposited: | 19 Jun 2025 02:38 |
Last Modified: | 19 Jun 2025 02:38 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/24530 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |