Agastya, I Gusti Agung Gede Bagus (2025) Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terintegrasi Socio-Scientific Issues (SSI) terhadap Aktivitas Belajar Peserta Didik Kelas VIII SMP. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
![]() |
Text (COVER)
2113071019-COVER.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
2113071019-ABSTRAK.pdf Download (254kB) |
![]() |
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2113071019-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (360kB) |
![]() |
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2113071019-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (392kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2113071019-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (418kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2113071019-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (516kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5 PENUTUP)
2113071019-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (294kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2113071019-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (267kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
2113071019-LAMPIRAN.pdf Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan dan menjelaskan perbedaan aktivitas belajar pada peserta didik antara kelompok yang dibelajarkan dengan model Problem Based Learning (PBL) dan model Problem Based Learning (PBL) terintegrasi Socio-Scientific Issues (SSI). Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan mengadaptasi desain pada true experiment, yaitu post-test only design. Bagian post-test (hasil) dimodifikasi menjadi aktivitas belajar (proses). Populasi penelitian sebanyak 300 peserta didik kelas VIII SMP Negeri 2 Abiansemal yang terbagi menjadi 10 kelas. Teknik pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling. Kelas VIII C sebagai kelas kontrol (PBL) dan kelas VIII E sebagai kelas eksperimen (PBL terintegrasi SSI). Instrumen penelitian yang digunakan berupa lembar observasi dengan 5 indikator, yaitu: 1) Aktivitas Memperhatikan dan Mendengarkan; 2) Aktivitas Berbicara; 3) Aktivitas Menulis dan Diskusi; 4) Aktivitas Mental; serta 5) Kondusivitas Kelompok. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan statistik deskriptif berupa nilai rata-rata dan statistik inferensial uji Mann-Whitney dengan taraf signifikansi 5%. Kelas kontrol memperoleh nilai rata-rata sebesar 52,9, sementara kelas eksperimen sebesar 75,48. Analisis inferensial menyatakan adanya perbedaan aktivitas belajar antara model PBL dan PBL-SSI. Hasil penelitian menunjukkan aktivitas belajar peserta didik kelas eksperimen dengan model PBL-SSI lebih baik dibandingkan peserta didik kelas kontrol dengan model PBL.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Problem Based Learning, Socio-Scientific Issues, Aktivitas Belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Fisika dan Pengajaran IPA > Program Studi Pendidikan IPA (S1) |
Depositing User: | I Gusti Agung Gede Bagus Agastya |
Date Deposited: | 19 Jun 2025 09:37 |
Last Modified: | 19 Jun 2025 09:37 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/24565 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |