PENGAMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN FLIPBOOK BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING PADA MUATAN PELAJARAN MATEMATIKA MATERI PECAHAN KELAS V SD NO. 4 DARMASABA

Dewi, Ni Nyoman Ayu Ariesta (2025) PENGAMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN FLIPBOOK BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING PADA MUATAN PELAJARAN MATEMATIKA MATERI PECAHAN KELAS V SD NO. 4 DARMASABA. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA.

[img] Text (COVER)
2111031120-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
2111031120-ABSTRAK.pdf

Download (243kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2111031120-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (608kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2111031120-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (924kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2111031120-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (959kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2111031120-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2111031120-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (727kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2111031120-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (480kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2111031120-LAMPIRAN.pdf

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan rancang bangun media pembelajaran flipbook berbasis problem based learning pada muatan pelajaran matematika materi pecahan, (2) mengetahui kelayakan media pembelajaran flipbook berbasis problem based learning pada muatan pelajaran matematika materi pecahan, (3) mengetahui efektivitas media pembelajaran flipbook berbasis problem based learning pada muatan pelajaran matematika materi pecahan. Penelitian pengembangan ini menggunakan model pengembangan ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation). Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, wawancara, kuesioner, dan tes. Teknik analisis data menggunakan Teknik analisis deskriptif kuantitatif, analisis deskriptif kualitatif, dan analisis statistik inferensial uji t. Hasil penelitian pengembangan ini menunjukan bahwa (1) media pembelajaran flipbook merupakan media digital berbentuk sebuah link yang menyajikan materi pecahan dan terdapat latihan soal. (2) kelayakan media pembelajaran flipbook berbasis problem based learning pada muatan pelajaran matematika materi pecahan berdasarkan hasil uji isi/materi pelajaran memperoleh skor 93,33%, hasil uji desain instruksional memperoleh skor 95%, hasil uji media pembelajaran memperoleh skor 93,75%, hasil uji coba perorangan memperoleh skor 95,83%, dan hasil uji coba kelompok kecil memperoleh skor 92,78% dengan keseluruhan persentase skor mendpatkan kualifikasi sangat baik. (3) hasil efektivitas produk memperoleh thitung = 17,65 > ttabel = 1,70 pada taraf signifikansi 5% untuk db = 27. Hasil tersebut menunjukkan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima. H1 berbunyi nila rerata post test lebih dari KKTP yang menunjukkan bahwa terdapat perubahan pada hasil belajar peserta didik setelah penggunaan media pembelajaran flipbook berbasis problem based learning. Berdasarkan hal tersebut dapat disimpulkan produk media pembelajaran flipbook berbasis problem based learning layak dan efektif digunakan pada muatan pelajaran matematika materi pecahan kelas V SD No. 4 Darmasaba.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Media Pembelajaran Flipbook, Problem Based Learning, Muatan Matematika, Materi Pecahan
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Ni Nyoman Ayu Ariesta Dewi
Date Deposited: 23 Jun 2025 02:28
Last Modified: 23 Jun 2025 02:28
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/24588

Actions (login required)

View Item View Item