THE USES OF CODE MIXING ON FACEBOOK BY THE STUDENTS OF ENGLISH LANGUAGE EDUCATION DEPARTMENT, FACULTY OF LANGUAGE AND ART, GANESHA UNIVERSITY

Adinata, Ida Bagus Putu Arjun (2020) THE USES OF CODE MIXING ON FACEBOOK BY THE STUDENTS OF ENGLISH LANGUAGE EDUCATION DEPARTMENT, FACULTY OF LANGUAGE AND ART, GANESHA UNIVERSITY. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1612021018-COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text (ABSTRAK)
1612021018-ABSTRAK.pdf

Download (581kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1612021018-CHAPTER I INTRODUCTION.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1612021018-CHAPTER II REVIEW OF RELATED LITERATURE .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1612021018- CHAPTER III RESEARCH METHOD.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1612021018-CHAPTER IV FINDING & DISCUSSION.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1612021018-CHAPTER V CONCLUSION & SUGESTION.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (464kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1612021018-REFRENCES.pdf

Download (831kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1612021018-APPENDIXS.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bermaksud untuk menganalisis jenis-jenis pencampuran bahasa dan menentukan motif pencampuran bahasa yang digunakan oleh mahasiswa semester tujuh Pendidikan Bahasa Inggris, Undiksha di Facebook. Deskriptif kualitatif digunakan sebagai desain penelitian ini karena berfokus pada satu kasus pencampuran bahasa. Oleh karena itu, penelitian ini hanya fokus pada campur bahasa Indonesia-Inggris yang digunakan oleh siswa. Selain itu, data diperoleh dari mengamati posting, komentar, dan cerita Facebook siswa. Data juga diperoleh dari mewawancarai subjek yang dipilih dengan menggunakan panduan wawancara. Selanjutnya, data yang dikumpulkan dianalisis dengan menggunakan teori Ho (2007), teori Myusken (2002), teori Hoffman (1990), teori Hockett (1958), dan teori Saville-Troike (1986). Berdasarkan analisis data, hasil penelitian menunjukkan bahwa Kata Leksikal adalah yang paling sering digunakan oleh siswa, dengan jumlah total 41 (33%) dalam 142 kejadian. Sementara itu, berbicara tentang topik tertentu adalah alasan paling mendasar yang mendasari siswa dalam menggunakan pencampuran bahasa di Facebook sebanyak 12 (27%) dari subjek yang dipilih.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: percampuran bahasa, Facebook
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
H Social Sciences > HT Communities. Classes. Races
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa Asing > Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (S1)
Depositing User: Ida Bagus Putu Arjun Adinata
Date Deposited: 27 Jul 2020 00:11
Last Modified: 27 Jul 2020 00:11
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/2462

Actions (login required)

View Item View Item