Pebriana, I Gede (2025) PENGEMBANGAN MEDIA E-KOMIK BERORIENTASI KEARIFAN LOKAL SENI BANGUNAN BALI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA MATERI PECAHAN KELAS V SD. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
![]() |
Text (COVER)
2111031356-COVER.pdf Download (588kB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
2111031356-ABSTRAK.pdf Download (218kB) |
![]() |
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2111031356-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (330kB) |
![]() |
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2111031356-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (523kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2111031356-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (488kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2111031356-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5 PENUTUP)
2111031356-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (301kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2111031356-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (250kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
2111031356-LAMPIRAN.pdf Download (5MB) |
Abstract
Kemampuan berpikir kritis siswa kelas V masih kurang dikarenakan kurangnya fokus siswa, kesulitan menganalisis masalah, dan kurangnya minat terhadap matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media e-komik berbasis kearifan lokal seni bangunan Bali yang valid, praktis dan efektif digunakan dalam proses pembelajaran. Jenis penelitian yaitu pengembangan model ADDIE. Objek penelitian adalah validitas, kepraktisan, dan efektivitas media. Subjek penelitian adalah 2 ahli media, 2 ahli materi, 3 praktisi, dan siswa. Metode dari pengumpulan data menggunakan non tes dan tes dengan instrument kuisioner dan tes pilihan ganda. Teknik analisis data menggunakan statistik kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian memperoleh validitas menurut ahli materi sebesar 3,71 dan ahli media sebesar 3,35 yang termasuk ke dalam validitas kategori sangat baik. Berdasarkan uji kepraktisan, diperoleh respon praktisi 3,8 dan respon siswa sebesar 3,71 dengan kategori sangat baik. Berdasarkan uji efektivitas dengan analisis Paired Sample T-Test sampel berkolerasi diperoleh nilai signifikansi pada kolom Sig.(2-tailed) sebesar 0,000 yang berarti bahwa terdapat perbedaan yang signifikan kemampuan berpikir kritis siswa sebelum dan sesudah penggunaan media. Disimpulkan bahwa media e-komik berorientasi kearifan lokal seni bangunan Bali yang telah dikembangkan, dinyatakan valid, praktis, dan efektif meningkatkan kemampuan berpikir kritis, sehingga layak digunakan secara berkelanjutan pada kegiatan pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | E-komik1, Kearifan lokal2, Berpikir Kritis3 |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | I Gede Pebriana |
Date Deposited: | 23 Jun 2025 02:43 |
Last Modified: | 23 Jun 2025 02:43 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/24645 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |