Pebrianti, Ni Putu Martha (2025) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS PEMBELAJARAN ENTREPRENEURSHIP MINYAK TANDUSAN MATERI KEBUTUHAN KITA PADA SISWA KELAS IV C DI SD NEGERI TULANGAMPIANG. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA.
![]() |
Text (COVER)
2111031158-COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
2111031158-ABSTRAK.pdf Download (428kB) |
![]() |
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2111031158-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (383kB) |
![]() |
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2111031158-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (501kB) |
![]() |
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2111031158-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (908kB) |
![]() |
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2111031158-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
![]() |
Text (BAB 5 PENUTUP)
2111031158-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (229kB) |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2111031158-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (386kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
2111031158-LAMPIRAN.pdf Download (24MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan (1) untuk mendeskripsikan rancang bangun pengembangan multimedia interaktif berbasis pembelajaran entrepreneurship minyak tandusan materi kebutuhan kita pada siswa kelas IV C SD Negeri Tulangampiang, (2) untuk mengetahui kelayakan pengembangan multimedia interaktif berbasis pembelajaran entrepreneurship minyak tandusan materi kebutuhan kita pada siswa kelas IV C SD Negeri Tulangampiang, (3) untuk mengetahui efektivitas pengembangan multimedia interaktif berbasis pembelajaran entrepreneurship minyak tandusan materi kebutuhan kita pada siswa kelas IV C SD Negeri Tulangampiang. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE. Metode pengumpulan data dilaksanakan melalui metode tes berupa tes hasil belajar dan metode nontes berupa angket/kuesioner dan wawancara tak terstruktur. Hasil penelitian pengembangan ini berupa (1) rancang bangun multimedia interaktif berdasarkan hasil penilaian ahli rancang bangun sebesar 93,18% yang dikualifikasikan sangat baik, (2) multimedia interaktif dinyatakan layak berdasarkan hasil penilaian ahli isi pembelajaran sebesar 93,75% yang dikualifikasikan sangat baik, penilaian ahli desain pembelajaran sebesar 95% yang dikualifikasikan sangat baik, penilaian ahli media pembelajaran sebesar 95% yang dikualifikasikan sangat baik, uji coba perorangan sebesar 93,44% yang dikualifikasikan sangat baik dan uji coba kelompok kecil sebesar 92,46% yang dikualifikasikan sangat baik, (3) berdasarkan uji t sample dependent diperoleh nilai thitung = 39,414 sedangkan nilai ttabel pada taraf signifikansi 5% dan dk = n – 1 = 30 – 1 = 29 diperoleh nilai ttabel = 2,045. Hasil tersebut menunjukkan thitung > ttabel sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Maka disimpulkan bahwa multimedia interaktif berbasis pembelajaran entrepreneurship minyak tandusan materi kebutuhan kita dan kegiatan ekonomi efektif diterapkan pada siswa kelas IV C SD Negeri Tulangampiang.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci: pengembangan, multimedia interaktif, entrepreneurship, minyak tandusan |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Ni Putu Martha Pebrianti |
Date Deposited: | 23 Jun 2025 02:58 |
Last Modified: | 23 Jun 2025 02:58 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/24665 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |