PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF JELAJAH SEJARAH KERAJAAN HINDU-BUDDHA DI INDONESIA PADA MUATAN IPS KELAS IV SD NO. 3 KEROBOKAN KELOD

Parasnita, Ni Made Candra (2025) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF JELAJAH SEJARAH KERAJAAN HINDU-BUDDHA DI INDONESIA PADA MUATAN IPS KELAS IV SD NO. 3 KEROBOKAN KELOD. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA.

[img] Text (COVER)
2111031256-COVER.pdf

Download (599kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2111031256-ABSTRAK.pdf

Download (449kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2111031256-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (396kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2111031256-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (460kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2111031256-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (777kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2111031256-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2111031256-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (367kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2111031256-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (383kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2111031256-LAMPIRAN.pdf

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan multimedia interaktif sebagai media pembelajaran pada materi Sejarah Kerajaan Hindu-Buddha di Indonesia untuk siswa kelas IV SD No. 3 Kerobokan Kelod. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development) dengan menggunakan model ADDIE yang meliputi lima tahap, yaitu Analisis, Desain, Pengembangan, Implementasi, dan Evaluasi. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah tes pilihan ganda dan angket. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif kuantitatif dan analisis statistik inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) rancang bangun multimedia interaktif disusun berdasarkan hasil analisis kebutuhan, karakteristik siswa, materi ajar, capaian pembelajaran, serta sarana dan prasarana pendukung, (2) multimedia interaktif yang dikembangkan dinyatakan sangat layak berdasarkan hasil validasi oleh ahli isi pembelajaran (95%), ahli desain pembelajaran (97,22%), dan ahli media pembelajaran (98,21%), serta memperoleh hasil sangat baik pada uji coba perorangan (96,67%) dan uji coba kelompok kecil (95%), (3) multimedia interaktif efektif digunakan dalam pembelajaran, yang dibuktikan melalui hasil post-test dengan nilai rata-rata 86,30, melampaui nilai KKTP sebesar 70. Hasil uji-t satu sampel menunjukkan bahwa thitung sebesar 10,283 lebih besar dari ttabel sebesar 2,055, sehingga dapat disimpulkan bahwa multimedia interaktif Jelajah Sejarah Kerajaan Hindu-Buddha efektif dalam meningkatkan pemahaman siswa pada materi sejarah kelas IV SD No. 3 Kerobokan Kelod.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: multimedia interaktif, kerajaan Hindu-Buddha, sekolah dasar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Ni Made Candra Parasnita
Date Deposited: 23 Jun 2025 06:50
Last Modified: 23 Jun 2025 06:50
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/24693

Actions (login required)

View Item View Item