Arisanti, Ni Putu Yunita Novarisa (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK TALK WRITE (TTW) TERHADAP MATHEMATICAL COMMUNICATION ABILITY SISWA KELAS IV SD NEGERI GUGUS SRIKANDI KECAMATAN DENPASAR TIMUR TAHUN AJAAN 2024/2025. Doctoral thesis, UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA.
![]() |
Text (COVER)
2111031238-COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
2111031238-ABSTRAK.pdf Download (676kB) |
![]() |
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2111031238-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (624kB) |
![]() |
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2111031238-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (736kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2111031238-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (872kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2111031238-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (913kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5 PENUTUP)
2111031238-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (590kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2111031238-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (593kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
2111031238-LAMPIRAN.pdf Download (11MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan komunikasi matematis siswa sekolah dasar yang ditunjukkan melalui kesulitan dalam menyampaikan ide, menjelaskan proses pemecahan masalah, serta menuliskannya secara logis dan runtut. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membuktikan pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write (TTW) terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa kelas IV SD. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian eksperimen semu (quasy experiment). Desain eksperimen semu digunakan adalah Nonequivalent Control Grup Design. Populasi penelitian ini yakni siswa kelas IV dalam 1 gugus sebanyak 280 siswa. Sampel penelitian terdiri dari dua kelas IV, yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Instrumen pengumpulan data berupa tes uraian. Teknik penentuan sampel pada penelitian ini adalah Cluster Random Sampling. Teknik analisis data menggunakan uji-t untuk mengetahui perbedaan signifikan antara kedua kelompok. Hasil uji hipotesis menunjukkan thitung = 4,49 > ttabel = 2,0010 ini berarti penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara kemampuan komunikasi matematis siswa yang menggunakan model TTW dan yang menggunakan model konvensional. Implikasi dari penelitian ini adalah bahwa model TTW dapat dijadikan alternatif pembelajaran untuk meningkatkan komunikasi matematis siswa dan dapat diterapkan oleh guru dalam pembelajaran matematika di sekolah dasar.
Item Type: | Thesis (Doctoral) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci : Think Talk Write, Mathematical Communication Ability, Siswa Sekolah Dasar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Ni Putu Yunita Novarisa Arisanti |
Date Deposited: | 23 Jun 2025 07:40 |
Last Modified: | 23 Jun 2025 07:40 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/24695 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |