PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK TALK WRITE (TTW) TERHADAP MATHEMATICAL COMMUNICATION ABILITY SISWA KELAS IV SD NEGERI GUGUS SRIKANDI KECAMATAN DENPASAR TIMUR TAHUN AJAAN 2024/2025

Arisanti, Ni Putu Yunita Novarisa (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK TALK WRITE (TTW) TERHADAP MATHEMATICAL COMMUNICATION ABILITY SISWA KELAS IV SD NEGERI GUGUS SRIKANDI KECAMATAN DENPASAR TIMUR TAHUN AJAAN 2024/2025. Doctoral thesis, UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA.

[img] Text (COVER)
2111031238-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
2111031238-ABSTRAK.pdf

Download (676kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2111031238-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (624kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2111031238-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (736kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2111031238-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (872kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2111031238-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (913kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2111031238-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (590kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2111031238-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (593kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2111031238-LAMPIRAN.pdf

Download (11MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan komunikasi matematis siswa sekolah dasar yang ditunjukkan melalui kesulitan dalam menyampaikan ide, menjelaskan proses pemecahan masalah, serta menuliskannya secara logis dan runtut. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membuktikan pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write (TTW) terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa kelas IV SD. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian eksperimen semu (quasy experiment). Desain eksperimen semu digunakan adalah Nonequivalent Control Grup Design. Populasi penelitian ini yakni siswa kelas IV dalam 1 gugus sebanyak 280 siswa. Sampel penelitian terdiri dari dua kelas IV, yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Instrumen pengumpulan data berupa tes uraian. Teknik penentuan sampel pada penelitian ini adalah Cluster Random Sampling. Teknik analisis data menggunakan uji-t untuk mengetahui perbedaan signifikan antara kedua kelompok. Hasil uji hipotesis menunjukkan thitung = 4,49 > ttabel = 2,0010 ini berarti penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara kemampuan komunikasi matematis siswa yang menggunakan model TTW dan yang menggunakan model konvensional. Implikasi dari penelitian ini adalah bahwa model TTW dapat dijadikan alternatif pembelajaran untuk meningkatkan komunikasi matematis siswa dan dapat diterapkan oleh guru dalam pembelajaran matematika di sekolah dasar.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Think Talk Write, Mathematical Communication Ability, Siswa Sekolah Dasar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Ni Putu Yunita Novarisa Arisanti
Date Deposited: 23 Jun 2025 07:40
Last Modified: 23 Jun 2025 07:40
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/24695

Actions (login required)

View Item View Item