AN ANALYSIS OF ENGLISH TEACHERS’ ASSESSMENT STRATEGIES WITHIN DIFFERENTIATED LEARNING CONTEXT AT SMP NEGERI 2 SAWAN

Dewi, Kadek Andi Suari (2025) AN ANALYSIS OF ENGLISH TEACHERS’ ASSESSMENT STRATEGIES WITHIN DIFFERENTIATED LEARNING CONTEXT AT SMP NEGERI 2 SAWAN. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2112021002_COVER.pdf

Download (3MB)
[img] Text (ABSTRAK)
2112021002_ABSTRAK.pdf

Download (3MB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2112021002_BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (3MB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2112021002_BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2112021002_BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2112021002_BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2112021002_BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2112021002_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (3MB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2112021002_LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

Abstract

Panelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi strategi asesmen yang dilakukan oleh guru bahasa Inggris dalam konteks pembelajaran yang diferensiasi di SMP Negeri 2 Sawan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan desain penelitian deskriptif. Data diperoleh melalui observasi dan wawancara dengan tiga guru bahasa Inggris di SMP Negeri 2 Sawan telah melakukan berbagai strategi asesmen seperti Elicitation, Reviewing, Games, Question and Answer, Group discussion, Peer discussion, Exercise, Feedback, Presentation, Peer tutoring, Summarizing, Task, Test dan Portfolio. Strategi asesmen tersebut digunakan untuk mengukur proses pembelajaran siswa sebagai assessment for learning. Selain itu, ditemukan bahwa guru di SMP Negeri 2 Sawan hanya melakukan asesmen dengan diferensiasi hanya pada peer-discussion, peer-tutoring and task saja, selain itu ditemukan bahwa hanya peer-tutoring dan task saja yang menggunakan differentiated assessment yang dominan dilakukan dalam bentuk diferensiasi proses, dimana guru mengakomodasi preferensi siswa dalam memahami materi. Namun, studi ini juga menemukan beberapa tantangan yang dihadapi oleh guru dalam praktik asesmen dalam konteks pembelajaran yang diferensiasi, termasuk kemampuan siswa yang beragam, kesulitan dalam merencanakan asesmen yang berdiferensiasi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: strategi asesmen, pembelajaran diferensiasi, Penilaian bediferensiasi assessment, kurikulum merdeka
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa Asing > Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (S1)
Depositing User: Kadek Andi Suari Dewi
Date Deposited: 24 Jun 2025 04:43
Last Modified: 24 Jun 2025 04:43
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/24705

Actions (login required)

View Item View Item