Saputra, Putu Eka Arya (2025) PENGEMBANGAN MEDIA ULAR TANGGA BERBASIS KOMPETISI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MUATAN IPS MATERI BUMI KITA TERANCAM BAHAYA KELAS VI DI SD NEGERI 2 BONTIHING. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
![]() |
Text (COVER)
2111031458-COVER.pdf Download (812kB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
2111031458-ABSTRAK.pdf Download (183kB) |
![]() |
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2111031458-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (378kB) |
![]() |
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2111031458-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (420kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2111031458-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (499kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2111031458-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5 PENUTUP)
2111031458-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (297kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2111031458-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (265kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
2111031458-LAMPIRAN.pdf Download (12MB) |
Abstract
Peserta didik sering mengalami kesulitan dalam memahami materi IPS yang bersifat abstrak dan kurang kontekstual, terutama pada tema lingkungan hidup. Minimnya variasi media pembelajaran juga menyebabkan rendahnya motivasi dan hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menguji kelayakan media permainan ular tangga berbasis kompetisi guna meningkatkan hasil belajar siswa pada materi “Bumi Kita Terancam Bahaya” melalui penguatan keterampilan berpikir tingkat tinggi. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model ADDIE yang mencakup tahapan analisis, perancangan, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Subjek penelitian meliputi ahli media, ahli materi, guru sebagai praktisi, serta siswa kelas VI yang berjumlah 20 orang sebagai subjek uji coba. Data dikumpulkan melalui angket untuk menilai validitas dan kepraktisan serta tes pilihan ganda untuk mengukur efektivitas. Sedangkan instrumen yang digunakan adalah lembar angket serta lembar tes berupa pilihan ganda. Teknik analisis data menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif melalui uji validitas, analisis persentase, dan uji statistik untuk melihat perbedaan hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media yang dikembangkan layak digunakan, karena telah memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini menyimpulkan bahwa media pembelajaran berbasis permainan yang bersifat kompetitif dapat menjadi strategi alternatif yang inovatif untuk memperkuat keterlibatan dan pemahaman siswa dalam pembelajaran tematik. Implikasi dari penelitian ini menunjukkan bahwa guru perlu lebih kreatif dalam memilih dan mengembangkan media pembelajaran yang kontekstual dan menyenangkan, khususnya pada mata pelajaran IPS yang sering kali dianggap membosankan oleh siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | media pembelajaran1, ular tangga2, kompetisi3, hasil belajar4, IPS5 |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Putu Eka Arya Saputra |
Date Deposited: | 24 Jun 2025 01:51 |
Last Modified: | 24 Jun 2025 01:51 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/24726 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |