Putri, Anak Agung Ayu Regina Cecilia (2025) PENGEMBANGAN MEDIA 3D DIGITAL BERBASIS PROYEK PADA MUATAN MATEMATIKA MATERI BANGUN RUANG KELAS V SD PELITA BANGSA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
![]() |
Text (COVER)
2111031503-COVER.pdf Download (3MB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
2111031503-ABSTRAK.pdf Download (251kB) |
![]() |
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2111031503-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (280kB) |
![]() |
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2111031503-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (337kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2111031503-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2111031503-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5 PENUTUP)
2111031503-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (214kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2111031503-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (315kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
2111031503-LAMPIRAN.pdf Download (9MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Media 3D Digital berbasis proyek muatan Matematika materi Bangun Ruang. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang menggunakan model pengembangan ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation). Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner, tes objektif pilihan ganda. Hasil Penelitian ini menemukan bahwa: (1) Rancang bangun Media 3D Digital berbasis proyek materi Bangun Ruang ini berbentuk media elektronik. Didalam Media 3D Digital memuat mata pelajaran matematika dan disajikan dean materi, kuis, dan animasi bangun ruang yang dapat menciptakan proses belajar yang lebih menarik, partisipatif, dan efisien, dengan pelehan nilai ahli rancang bangun 90% dengan kualifikasi sangat baik; (2) Kelayakan Media 3D Digital diproleh dari penilaian ahli isi/materi pelajaran memperoleh presentasi skor 93,75% dengan kualifikasi sangat baik, ahli design instruksional memperoleh presentase skor 80% dengan kulifikasi baik, ahli media pembelajaran memperoleh presentase skor 88,89% dengan kualifikasi baik, uji coba perorangan memperoleh presentasi skor 94 % dengan kualifikasi sangat baik, uji coba kelompok kecil memperoleh presentase 92,5 % dengan kualifikasi sangat baik sehingga Media 3D Digital baik dan layak digunakan. (3) Efektivitas dengan 24 orang siswa memperoleh hasil thitung sebesar 2,609 untuk dk 23 den taraf signifikansi 5 % = 1,714. Dengan demikian, harga thitung > ttabel sehingga H0 ditolak dan H1diterima. Ini berarti, terdapat perbedaan signifikan (5%) sebelum dan sesudah menggunakan media pembelajaran. Implikasi dan penelitian ini yakni, secara empiris terdapat perbedaan yang signifikan pada hasil belajar sebelum dan sesudah pengunaan media terbukti bahwa Media 3D Digital berbasis proyek layak digunakan pada proses pembelajaran berdasarkan hasil penilaian oleh subjek uji coba.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengembangan, Media 3D Digital, Media Pembelajaran |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Anak Agung Ayu Regina Cecilia Putri |
Date Deposited: | 24 Jun 2025 02:07 |
Last Modified: | 24 Jun 2025 02:07 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/24733 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |