PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PEMBAGIAN DAN PERKALIAN (PEKA) BERBASIS PBL PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA MATERI PEMBAGIAN DAN PERKALIAN DI KELAS IV SD N 4 KERAMAS

Praharsini, I Gusti Agung Warastri (2025) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PEMBAGIAN DAN PERKALIAN (PEKA) BERBASIS PBL PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA MATERI PEMBAGIAN DAN PERKALIAN DI KELAS IV SD N 4 KERAMAS. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2111031435-COVER.pdf

Download (3MB)
[img] Text (ABSTRAK)
2111031435-ABSTRAK.pdf

Download (202kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2111031435-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (219kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2111031435-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (374kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2111031435-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2111031435-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2111031435-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (188kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2111031435-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (304kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2111031435-LAMPIRAN.pdf

Download (12MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menguji kelayakan serta efektivitas multimedia interaktif berbasis Problem Based Learning (PBL) pada materi Perkalian dan Pembagian di mata pelajaran Matematika. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE dan mengumpulkan data melalui angket serta tes objektif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa multimedia yang dikembangkan mendapat penilaian sangat baik dari ahli rancangan (90%), desain instruksional (90%), serta hasil uji coba perorangan (94,1%) dan kelompok kecil (91,94%). Penilaian dari ahli materi (80,35%) dan media pembelajaran (88,89%) termasuk dalam kategori baik. Uji efektivitas terhadap 29 siswa menunjukkan adanya perbedaan signifikan antara hasil belajar sebelum dan sesudah penggunaan media (thitung 1,989 > ttabel 1,701). Dengan demikian, multimedia interaktif berbasis PBL dinyatakan layak dan efektif digunakan dalam proses pembelajaran, karena mampu meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi Perkalian dan Pembagian secara bermakna.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, Multimedia Interaktif, Media Pembelajaran
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: I Gust Agung Warastri Praharsini
Date Deposited: 24 Jun 2025 02:11
Last Modified: 24 Jun 2025 02:11
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/24737

Actions (login required)

View Item View Item