Pramesti, I Dewa Ayu Mas Gita (2025) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN E-BOOK INTERAKTIF BERBASIS PROJECT BASED LEARNING PADA MUATAN MATEMATIKA MATERI PERKALIAN DI KELAS V SD NEGERI 7 PEDUNGAN. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA.
![]() |
Text (COVER)
2111031364-COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
2111031364-ABSTRAK.pdf Download (374kB) |
![]() |
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2111031364-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (384kB) |
![]() |
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2111031364-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (413kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2111031364-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (863kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2111031364-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5 PENUTUP)
2111031364-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (360kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2111031364-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (465kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
2111031364-LAMPIRAN.pdf Download (8MB) |
Abstract
Studi ini dilakukan untuk (1) mengetahui rancang bangun media pembelajaran e-book interaktif berbasis project based learning pada muatan matematika materi perkalian, (2) mengetahui kelayakan media pembelajaran e-book interaktif berbasis project based learning pada muatan matematika materi perkalian, (3) mengetahui efektivitas media pembelajaran e-book interaktif berbasis project based learning pada muatan matematika materi perkalian. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan model pengembangan ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation). Dalam penelitian ini, metode pengumpulan data menggunakan kuisioner dan tes. Hasil penelitian ini menemukan bahwa: (a) penilaian menurut ahli rancang bangun memperoleh persentase skor 90% dengan kualifikasi sangat baik; (b) penilaian ahli isi/materi pelajaran memperoleh persentase skor 93,75% dengan kualifikasi sangat baik; (c) penilaian ahli desain instruksional memperoleh persentase skor 90% dengan kualifikasi sangat baik; (d) penilaian ahli media pembelajaran memperoleh persentase skor 86,11% dengan kualifikasi baik; (e) penilaian uji coba perorangan memperoleh persentase skor 96,60% dengan kualifikasi sangat baik; (f) penilaian uji coba kelompok kecil memperoleh persentase skor 92,20% dengan kualifikasi sangat baik. Berdasarkan uji efektivitas dengan 28 orang siswa memperoleh hasil thitung sebesar 10,883 untuk dk 27 dan taraf signifikansi 5% = 1,703. Dengan demikian, harga thitung > ttabel sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Ini berarti, terdapat perbedaan yang signifikan (5%) sebelum dan sesudah menggunakan media pembelajaran. Implikasi dari penelitian ini yakni, secara empiris terbukti bahwa e-book interaktif berbasis project based learning layak digunakan pada proses pembelajaran berdasarkan hasil penilaian oleh subjek uji coba.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci: Pengembangan, E-book Interaktif, Media Pembelajaran |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | I Dewa Ayu Mas Gita Pramesti |
Date Deposited: | 24 Jun 2025 02:18 |
Last Modified: | 24 Jun 2025 02:18 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/24753 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |