NAZIAH, PUTRI (2025) EFEKTIVITAS TEORI KONSELING PERILAKU DENGAN TEKNIK MENIRU UNTUK MENINGKATKAN BUDI PEKERTI SISWA SMP NEGERI 3 SINGARAJA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
![]() |
Text (COVER)
2111011021_COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
2111011021_ABSTRAK.pdf Download (158kB) |
![]() |
Text (BAB I PENDAHULUAN)
2111011021_BAB I PENDAHULUAN.pdf Download (199kB) |
![]() |
Text (BAB II KAJIAN TEORI)
2111011021_BAB II KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (391kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB III METODELOGI PENELITIAN)
2111011021_BAB III METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (608kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN)
2111011021_BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (432kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB V PENUTUP)
2111011021_BAB V PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (79kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2111011021_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (136kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
2111011021_LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penurunan budi pekerti dizaman sekarang merupakan masalah yang kerap dialami oleh para remaja terkhusus para siswa SMP. Upaya intervensi diperlukan agar siswa dapat meningkatkan budi pekerti yang dimiliki. Penelitian ini bertujuan untuk merekonstruksi budi pekerti siswa melalui pendekatan konseling perilaku dengan teknik meniru untuk meningkatkan budi pekerti siswa. Metode yang digunakan adalah pemberian treatment pendekatan konseling perilaku dengan teknik meniru pada kelas eksperimen dalam setting klasikal menggunakan symbolic model dengan 8 kali pertemuan. penelitian ini menggunakan dua kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol sebagai sampel dalam penelitian. Teknik pengumpulan data mencangkup kuesioner dengan skala penilaian budi pekerti. Validitas instrumen menggunakan formula Lawshe, Product Moment dan uji reliabilitas menggunakan formula Alpha Cronbach dengan bantuan software IBM SPSS 25.0. Hasil Analisis didapatkan yaitu Independent-Samples t -Test nilai Sig. (2- tailed) adalah sebesar 0,000 ˂ 0,05. Dan diketahui nilai effect size adalah sebesar 4,12 > 1,00. Ini berarti terdapat perbedaan yang signifikan, antara sebelum dan sesudah diberikan treatment pada kelas eksperimen. Hasil menunjukkan bahwa pendekatan konseling perilaku dengan teknik meniru efektif untuk meningkatkan budi pekerti siswa. Maka dengan demikian Ha diterima dan H0 ditolak, sehingga terdapat efektivitas pendekatan konseling perilaku dengan teknik meniru untuk meningkatkan budi pekerti siswa SMP.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | 28mei |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Ilmu Pendidikan, Psikologi dan Bimbingan > Program Studi Bimbingan Konseling (S1) |
Depositing User: | Putri Naziah |
Date Deposited: | 25 Jun 2025 00:52 |
Last Modified: | 25 Jun 2025 00:52 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/24778 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |