Lestari, Prima Harsi Kantun (2025) PENGEMBANGAN MODEL KONSELING KARIR JOHN HOLLAND BERBASIS MEDIA DIGITAL DAN PENGARUHNYA TERHADAP KESESUAIAN PILIHAN MATA PELAJARAN KETERAMPILAN PADA SISWA DISABILITAS RUNGU SLBN 1 BANGLI. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
![]() |
Text (COVER)
2329111012-COVER.pdf Download (788kB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
2329111012-ABSTRAK.pdf Download (164kB) |
![]() |
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2329111012-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (281kB) |
![]() |
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2329111012-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (811kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2329111012-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (632kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2329111012-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (671kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5 PENUTUP)
2329111012-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (237kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2329111012-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (228kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
2329111012-LAMPIRAN.pdf Download (712kB) |
Abstract
Pemilihan mata pelajaran keterampilan pada siswa disabilitas rungu idealnya disesuaikan dengan minat, potensi, dan tipe kepribadian individu, sebagaimana dalam teori karir John Holland. Namun, di lapangan banyak siswa memilih mata pelajaran yang tidak sesuai dengan karakteristik mereka akibat terbatasnya akses layanan bimbingan karir terstruktur dan informatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menguji efektivitas model konseling karir berbasis teori Holland yang terintegrasi berbasis media digital dalam meningkatkan kesesuaian pilihan mata pelajaran keterampilan siswa disabilitas rungu. Penelitian Research and Development (R&D) ini menggunakan model pengembangan ADDIE dan melibatkan lima siswa disabilitas rungu sebagai subjek uji coba. Instrumen penelitian meliputi kuesioner validasi isi, kepraktisan, dan kesesuaian pilihan mata pelajaran keterampilan, yang telah melalui uji validitas dan reliabilitas. Analisis data menggunakan indeks validitas Lawshe (CVR dan CVI), analisis deskriptif kuantitatif, uji N-Gain, serta uji Wilcoxon. Hasil penelitian menunjukkan model konseling memiliki validitas isi tinggi (CVI = 1), sangat praktis (rata-rata kepraktisan 95,24%), serta efektif secara signifikan dalam meningkatkan kesesuaian pilihan mata pelajaran keterampilan, ditunjukkan oleh skor N-Gain tinggi dan hasil uji Wilcoxon yang signifikan. Temuan ini menunjukkan bahwa integrasi media digital dengan konseling berbasis teori Holland merupakan strategi inovatif, efektif, dan inklusif dalam mendukung pengambilan keputusan karir yang tepat bagi siswa disabilitas rungu.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | John Holland, konseling karir, media digital, pemilihan mata pelajaran, disabilitas rungu |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education |
Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Bimbingan Konseling (S2) |
Depositing User: | Prima Harsi Kantun Lestari |
Date Deposited: | 26 Jun 2025 00:03 |
Last Modified: | 26 Jun 2025 00:03 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/24783 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |