PENGEMBANGAN MEDIA AUGMENTED REALITY BERBASIS GAME EDUKASI UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENYIMAK BERITA PADA SISWA KELAS IV SD NO. 5 KEROBOKAN KELOD

Dewi, I Gusti Agung Istri Agung Dhea Triyastuti (2025) PENGEMBANGAN MEDIA AUGMENTED REALITY BERBASIS GAME EDUKASI UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENYIMAK BERITA PADA SISWA KELAS IV SD NO. 5 KEROBOKAN KELOD. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2111031304-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
2111031304-ABSTRAK.pdf

Download (280kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2111031304-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (300kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2111031304-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (520kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2111031304-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (603kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2111031304-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2111031304-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (246kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2111031304-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (261kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2111031304-LAMPIRAN.pdf

Download (18MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis augmented reality (AR) yang berfokus pada game edukasi untuk meningkatkan keterampilan menyimak berita pada siswa kelas IV SD No. 5 Kerobokan Kelod. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima tahap: analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Subjek uji coba dalam penelitian ini meliputi 2 orang ahli materi, 1 orang ahli desain instruksional, 1 orang ahli media pembelajaran, 3 orang siswa untuk uji coba perorangan, 9 orang siswa untuk uji coba kelompok kecil, 1 orang guru, dan 30 siswa sebagai subjek uji coba efektivitas media. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui angket dan tes objektif berbentuk pilihan ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran AR berbasis game edukasi memiliki validitas yang sangat baik, dengan persentase penilaian dari ahli mencapai 95,83% untuk isi materi, 95% untuk desain, dan 96,66% untuk media. Efektivitas media ini diukur melalui pre-test dan post-test, yang menunjukkan peningkatan skor rata-rata dari 62,67 menjadi 81,87. Hasil analisis uji-t menunjukkan thitung sebesar -6,837, yang lebih besar dari ttabel 1,699, sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan pada keterampilan menyimak berita siswa sebelum dan sesudah menggunakan media pembelajaran AR berbasis game edukasi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Augmented Reality, Game Edukasi, Keterampilan Menyimak, Berita
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: I Gusti Agung Istri Agung Dhea Triyastuti Dewi
Date Deposited: 24 Jun 2025 23:41
Last Modified: 24 Jun 2025 23:41
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/24786

Actions (login required)

View Item View Item