Dewi, I Gusti Agung Istri Agung Dhea Triyastuti (2025) PENGEMBANGAN MEDIA AUGMENTED REALITY BERBASIS GAME EDUKASI UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENYIMAK BERITA PADA SISWA KELAS IV SD NO. 5 KEROBOKAN KELOD. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
![]() |
Text (COVER)
2111031304-COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
2111031304-ABSTRAK.pdf Download (280kB) |
![]() |
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2111031304-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (300kB) |
![]() |
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2111031304-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (520kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2111031304-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (603kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2111031304-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5 PENUTUP)
2111031304-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (246kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2111031304-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (261kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
2111031304-LAMPIRAN.pdf Download (18MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis augmented reality (AR) yang berfokus pada game edukasi untuk meningkatkan keterampilan menyimak berita pada siswa kelas IV SD No. 5 Kerobokan Kelod. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima tahap: analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Subjek uji coba dalam penelitian ini meliputi 2 orang ahli materi, 1 orang ahli desain instruksional, 1 orang ahli media pembelajaran, 3 orang siswa untuk uji coba perorangan, 9 orang siswa untuk uji coba kelompok kecil, 1 orang guru, dan 30 siswa sebagai subjek uji coba efektivitas media. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui angket dan tes objektif berbentuk pilihan ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran AR berbasis game edukasi memiliki validitas yang sangat baik, dengan persentase penilaian dari ahli mencapai 95,83% untuk isi materi, 95% untuk desain, dan 96,66% untuk media. Efektivitas media ini diukur melalui pre-test dan post-test, yang menunjukkan peningkatan skor rata-rata dari 62,67 menjadi 81,87. Hasil analisis uji-t menunjukkan thitung sebesar -6,837, yang lebih besar dari ttabel 1,699, sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan pada keterampilan menyimak berita siswa sebelum dan sesudah menggunakan media pembelajaran AR berbasis game edukasi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Augmented Reality, Game Edukasi, Keterampilan Menyimak, Berita |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | I Gusti Agung Istri Agung Dhea Triyastuti Dewi |
Date Deposited: | 24 Jun 2025 23:41 |
Last Modified: | 24 Jun 2025 23:41 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/24786 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |