PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MATERI TEKS NARASI BERBASIS PENDIDIKAN KARAKTER MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS IV SD NEGERI 8 TIANYAR BARAT

Tresnawati, Ni Kadek (2025) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MATERI TEKS NARASI BERBASIS PENDIDIKAN KARAKTER MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS IV SD NEGERI 8 TIANYAR BARAT. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2111031360-COVER.pdf

Download (565kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2111031360-ABSTRAK.pdf

Download (265kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2111031360-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (318kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2111031360-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (347kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2111031360-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (480kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2111031360-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2111031360-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (251kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2111031360-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (243kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2111031360-LAMPIRAN.pdf

Download (11MB)

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan (1) mengetahui rancang bangun bahan ajar materi teks narasi berbasis pendidikan karakter mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas IV, (2) mengetahui kelayakan bahan ajar materi teks narasi berbasis pendidikan karakter mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas IV, (3) mengetahui kepraktisan bahan ajar materi teks narasi berbasis pendidikan karakter mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas IV SD Negeri 8 Tianyar Barat. Penelitian ini menggunakan model ADDIE yang terdiri dari lima tahapan yaitu: (1) analisis, (2) desain, (3) pengembangan, (4) implementasi, dan (5) evaluasi. Penelitian ini mengambil subjek bahan ajar materi teks narasi berbasis pendidikan karakter mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas IV, sedangkan objek penelitian pengembangan ini adalah kelayakan dan kepraktisan. Teknik pengempulan data menggunakan observasi, wawancara, dan angket. Metode analisis data pada penelitian ini adalah analisis deskriptif kualitatif dan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) penelitian ini telah berhasil menghasilkan bahan ajar materi teks narasi berbasis pendidikan karakter mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas IV, (2) tingkat kelayakan pencapaian oleh ahli materi sebesar 97,65% kriteria sangat baik, tingkat pencapaian ahli media sebesar 95,4% kriteria sangat baik. (3) kepraktisan guru perolehan tingkat pencapaian sebesar 100% kriteria sangat baik, kepraktisan peserta didik perorangan tingkat pencapaian sebesar 100% kriteria sangat baik, dan tingkat pencapaian kepraktisan peserta didik kelompok kecil sebesar 96% kriteria sangat baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: pengembangan bahan ajar, bahan ajar, materi teks narasi, berbasis pendidikan karakter
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Ni Kadek Tresnawati
Date Deposited: 24 Jun 2025 23:44
Last Modified: 24 Jun 2025 23:44
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/24790

Actions (login required)

View Item View Item