Agustini, Ni Putu Diah Sukma (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN COMPUTATIONAL THINKING SISWA KELAS V SDN GUGUS III KUTA UTARA TAHUN AJARAN 2024/2025. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA.
![]() |
Text (COVER)
211103036-COVER.pdf Download (710kB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
211103036-ABSTRAK.pdf Download (446kB) |
![]() |
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
211103036-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (367kB) |
![]() |
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
211103036-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (489kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
211103036-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (688kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
211103036-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (652kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5 PENUTUP)
211103036-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (362kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
211103036-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (371kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
211103036-LAMPIRAN.pdf Download (5MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem based learning terhadap kemampuan computational thinking siswa kelas V SDN Gugus III Kuta Utara pada mata pelajaran Matematika tahun ajaran 2024/2025. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain eksperimen semu (quasi experimental) tipe non equivalent control group design. Sampel penelitian terdiri atas 24 siswa pada kelompok eksperimen dan 30 siswa pada kelompok kontrol yang dipilih melalui teknik cluster random sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan tes kemampuan computational thinking yang mencakup empat indikator, yaitu dekomposisi, pengenalan pola, abstraksi, dan algoritma. Hasil post-test menunjukkan bahwa rata-rata kemampuan computational thinking siswa pada kelompok eksperimen yang menggunakan model PBL adalah 84,17 dengan standar deviasi 8,56, termasuk dalam kategori tinggi. Sementara itu, kelompok kontrol yang diajar dengan model konvensional memiliki rata-rata 64,83 dengan standar deviasi 11,78, termasuk dalam kategori sedang. Uji prasyarat menunjukkan bahwa data berdistribusi normal dan homogen. Hasil uji-t polled varians menunjukkan bahwa thitung sebesar 6,738 lebih besar dari ttabel sebesar 2,006 pada taraf signifikansi 5% (dk = 52), sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Problem based learning berpengaruh secara signifikan terhadap kemampuan computational thinking siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata kunci: Problem based learning, computational thinking, siswa sekolah dasar. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Ni Putu Diah Sukma Agustini |
Date Deposited: | 25 Jun 2025 02:03 |
Last Modified: | 25 Jun 2025 02:03 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/24799 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |