Lestari, Nyoman Sri Ayu (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TEAM GAMES TOURNAMEN (TGT) BERBANTUAN PERMAINAN ULAR TANGGA DENGAN BERLANDASKAN TRI HITA KARANA TERHADAP HASIL BELAJAR IPAS PESERTA DIDIK KELAS V SEKOLAH DASAR. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
![]() |
Text (COVER)
2111031323-COVER.pdf Download (650kB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
2111031323-ABSTRAK.pdf Download (271kB) |
![]() |
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2111031323-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (341kB) |
![]() |
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2111031323-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (485kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2111031323-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (581kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2111031323-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (474kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5 PENUTUP)
2111031323-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (218kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2111031323-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (268kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
2111031323-LAMPIRAN.pdf Download (5MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah penggunaan media permainan ular tangga berbasis nilai-nilai Tri Hita Karana yang dipadukan dengan model pembelajaran TGT memberikan pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar kognitif mata pelajaran IPA siswa kelas V Gugus III Kecamatan Kubutambahan tahun ajaran 2024-2025. Penelitian ini menggunakan desain penelitian non-equivalent control group design dan metodologi quasi eksperimen. Populasi penelitian berjumlah 45 siswa dan teknik pengambilan sampel menggunakan random sampling. Setelah dilakukan uji coba pendahuluan pada kedua kelompok yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol, data dibandingkan dengan menggunakan uji ANOVA. Proses pengumpulan data menggunakan uji objektif. Metode analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif dan statistik inferensial. Model TGT yang dipadukan dengan permainan ular tangga berbasis Tri Hita Karana mampu meningkatkan hasil belajar kognitif mata pelajaran IPA siswa SD kelas V secara signifikan, terlihat dari nilai t hitung sebesar 4,475 yang lebih besar dari nilai t tabel sebesar 1,705. Hasil penelitian ini dapat dijadikan acuan bagi guru untuk meningkatkan hasil belajar siswa di kelas.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hasil belajar IPAS, Media Permainan Ular Tangga Team Game Tournament (TGT), Tri Hita Karana |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Nyoman sri Ayu lestari |
Date Deposited: | 25 Jun 2025 02:04 |
Last Modified: | 25 Jun 2025 02:04 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/24800 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |